Sosialisasi Tahapan Pemilu Tahun 2024

Belitung timur |Lensaexpose.com -Belitung Timur. Forum Jurnalis tahapan Pemilu Tahun 2024 oleh anggota KPU dipimpin oleh ketua KPU Belitung Timur Rizal, acara berlangsung di Aula Waterboom sungai Manggar Desa Mekar Jaya kecamatan Manggar. Materi pokok membahas pencalonan dari partai tentang tatacara menyangkut Pemilu untuk tahun 2024, agar masyarakat bisa mengetahui lebih dalam tentang Pemilu. Rabu (09/Nov/2022)

Ketua KPU Belitung Timur Rizal mengenai tahapan Pemilu, harapan kami program acara kegiatan terkait media kita tidak bisa menutup mata karena corong dari rangkaian kegiatan termasuk Pemilu dan lain lainnya juga serta informasinya dapat mendukung semua kegiatan Kabupaten kota. Dan saya tidak bisa bicara terlalu banyak terkait media center, kedepan oleh KPU, harapan saya seperti yang sudah saya sampaikan tadi bahwa nanti ada dukungan dana dukungan program kegiatan andalan oleh KPU tapi, kita begantung itu, ini juga kalau tidak ada improvisasi, tidak ada dana kami tidak bisa melaksanakan kegiatan, dan anggaran khusus buat media belum ada tapi itu menyangkut kegiatan di sosialisasi dan untuk tahun depan kita belum ada karena belum dapat info apa apa,.

Media adalah sebagai penyambung lidah kami, saya sendiri sebagai ketua KPU berharap besar, akan adanya partisipasi dari media ini, karena kalau media cetak ataupun elktronik tentu ada tahapan ada porsi tersendiri karena aturannya mencakup itu, misalnya kita mengumumkan daftar calon sementara itu Wajid disampaikan di media cetak, elektronik lokal dan Nasional selama 14 hari, itu aturan PKPU itu yang mengatur, seperti Pemilu sebelumnya.

Oleh sebab itu kami secara resmi bisa bekerjasama dengan RRI, radio lokal dan media tadi dan itu sudah terleasasi tapi ketika media ini kedepannya menjadi pertamyaan apakah kami bisa menggandeng beberapa di Belitung Timurkan luar biasa banyak untuk sekarang ini aja kita mengundang 47 media jadi kami belum tau berapa media yang bisa terakomodir atau semua itu kita tidak tau.

Dan kita ini kan menggunakan anggaran keuangan negara tentu sarat adminitrasi dalam kerjasama seperti yang sudah sebelumnya seperti media masa dan elektronik yang saya tau seperti Akta Pendirian, Faktur Pajak NPWP nama perusahaannya sebagai sarat adminitrasi keuangan, ini yang saya tau untuk media masa dan elektronik , jelas Rizal.

Kemudian Divisi SDM Asrika menyampaikan, tahapan yang sudah berlangsung akan direncanakan kedepan pendaftaran bisa menggunakan online dengan panduan sesuai yang tertera di web online. Untuk partai politik yang lolos parliamentary threshold dan memiliki wakil di DPR Pusat cukup diverifikasi administrasi saja dan tidak perlu verifikasi secara faktual. Sementara untuk partai politik yang tidak lolos parliamentary threshold dan partai politik baru, wajib untuk dilakukan verifikasi secara administrasi maupun faktual” jelasnya.

Untuk Divisi Perencanaan data dan energi anggota KPU Rizki mengatakan, terkait tahapan KPU, data pokus kami ke data pemilih ada 3 yaitu Akurat, Prinsip dan Mutahir, kemudian data pribadi syarat daftar pemilih harus genap berusia 17 tahun bagi pemilih pemula, tentunya pemilu akan menjadi pengalaman politik baru untuk mereka serta masih diberlakukannya Undang-undang (UU) 7 Tahun 2017, salah satunya berkorelasi pada tidak berubahnya syarat partai politik yang hendak maju sebagai peserta Pemilu 2024. Hal tersebut pernah disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari .

Divisi hukum dan pengawasan, Widya Sari tugas saya sebagai pengawas sesuai aturan, mohon kerjasamanya dengan jurnalis tentang kegiatan KPU , rekan pekerja kami agar bisa berjalan dengan lancar, infokan juga untuk 14 Desember untuk masyarakat jangan sampai terlambat datang ke KPU. (Red)

 37 total views,  1 views today