Pemkot Tanjungbalai Gelar Laboratorium Inovasi Penguatan Penyelenggaraan Pemda

Tanjungbalai | LensaExpose.com -Diskominfo Tanjungbalai – Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai bekerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia (RI) menggelar Laboratorium Inovasi dalam rangka penguatan penyelenggaraan Pemerintah Daerah, di Aula Sutrisno Hadi Lt 3 Kantor Wali Kota, Senin (7/11).

Kegiatan Laboratorium Inovasi yang diikuti OPD, Kepala Bagian Setdakot Tanjungbalai, Camat dan tim kordinasi penguatan Sistem Inovasi daerah Tanjungbalai dan dibuka langsung oleh Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Tholib didampingi Pj Sekretaris Daerah Nurmalini Marpaung

Pada kesempatan ini Plt Kepala Bappeda Tanjungbalai, Zul Abdiman melaporkan bahwa kegiatan ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, Pada BAB IV Pasal 16 ayat (2) disebutkan bahwa uji coba Inovasi Daerah dilakukan pada Perangkat Daerah yang ditugaskan melaksanakan Inovasi Daerah sebagai laboratorium uji coba.

Tujuan dari kegiatan ini untuk menumbuhkan dan mengembangkan budaya kerja inovasi di Lingkungan Perangkat Daerah Kota Tanjungbalai. Selanjutnya untuk fasilitas, asistensi dan pendampingan OPD dalam penyelenggaraan inovasi, ujarya

“Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari yang dimulai pada hari ini Senin sampai dengan Rabu tanggal 7-9 Nopember 2022 dan diharapkan hasil dari pertemuan ini akan ditindaklanjuti oleh masing-masing OPD untuk melahirkan dan mengembangkan inovasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing,” harapnya

Sementara itu, Wali Kota Tanjungbalai Waris Tholib pada bimbingan dan arahannya menyampaikan bahwa Laboratorium Inovasi Daerah sangat penting guna meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah dalam upaya mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

“Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017, bahwa kegiatan yang sedang kita ikuti saat ini sangatlah strategis, karena inilah upaya meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya berinovasi untuk memajukan daerah,” katanya.

Lanjut Waris, Oleh karenanya kegiatan Laboratorium Inovasi ini agar dijadikan salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tanjungbalai dalam rangka peningkatkan Indeks Inovasi Daerah tersebut, ucapnya.

Diakhir sambutan, Walikota Waris juga mengajak seluruh kepala/pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) menciptakan dan menerapkan inovasi sesuai dengan tugas pokok fungsinya masing-masing.

“Mari kita selaku penyelenggara pemerintahan daerah berkomitmen bersama untuk berinovasi. Inovasi dalam bentuk tata kelola pemerintahan, inovasi pelayanan publik, maupun Inovasi lainnya, yang sesuai dengan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah,” pungkasnya.(A Fazari)

 20 total views,  2 views today