Pemdes Cimanggu Dua Launching Samisade Tahap Pertama Tahun Anggaran 2022

Cibungbulang | Lensaexpose.com

Pemerintah Desa Cimanggu Dua Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor, Launching Program Satu Milyar Satu Desa (Samisade) tahap pertama Tahun Anggaran 2022.

Giat Launching Samisade itu di hadiri oleh Kasi Ekbang Kec. Cibungbulang, Pendamping Desa, Kepala Desa Cimanggu Dua, TPK, Satpol-PP, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, Ketua Rt/Rw dan juga sejumlah warga masyarakat setempat yang di laksanakan di Kampung Cisaeur, Rabu (2 November 2022).

Informasi yang di himpun, dari anggaran program Samisade yang di serap oleh pemerintah desa cimanggu dua sebanyak 60 % dengan nominal total anggaran sebesar Rp. 550 juta rupiah.

Setelah dilakukan launching program Samisade tersebut, pemerintah desa cimanggu dua langsung melaksanakan pembangunan di 3 (tiga) titik lokasi.

Foto: Pengerjaan hotmik jalan desa di Kp. Cisaeur Rw 04 – Kp. Cibungbulang Rw 03 sepanjang 817 meter, Rabu (2 November 2022).

Saat di konfirmasi awak media ini, Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Cimanggu Dua, Suhata menjelaskan bahwa di tiga kegiatan pembangunan tersebut saat ini sudah mulai pelaksanaan.

“Hari ini sudah mulai pelaksanaan pengerjaan, dan tadi sudah dilkasanakan Launching oleh pihak kecamatan dan pemerintah desa,” katanya.

Ia memaparkan, dari tiga titik lokasi pengerjaan pembangunan yang sedang berlangsung diantaranya di Kampung Cibungbulang Rw 03 – Kampung Cisaeur Rw 04 pembangunan hotmik jalan desa sepanjang 817 meter, Kampung Cisaeur Rt 06 pemadatan akses jalan penghubung Cisaeur dan Perumnas sepanjang 170 meter dan di Kampung Kelapa Rw 01 pembangunan jalan lingkungan (Jaling) sepanjang 2000 meter.

Foto: Pengerjaan pengerasan/ pemadatan jalan penghubung akses dua wilayah Cisaeur dan Perumnas sepanjang 170 meter.

“Untuk teknis pelaksanaan kami lakukan secara manual dan memberdayakan masyarakat setempat. Kalau untuk anggaran yang kami serap dari Samisade tahap pertama ini, pengajual awal memang kami ajukan 1 milyar, tapi realisasinya hanya 700 jutaan untuk di tiga kegiatan. Mudah-mudahan di akhir taun ini rampung,” tuturnya.

Sementara Senan, Kepala Desa Cimanggu Dua menyampaikan bahwa setelah menerima anggaran dari Program Samisade tahap pertama belum lama ini, pihaknya langsung melaksanakan Launching dan pelaksanaan pembangunan.

“Alhamdulillah setelah cair anggaran dari Program Samisade kami langsung melaksanakan pembangunan di tiga titik. Dan tadi pagi oleh pihak kecamatan juga desa, kami melaksanakan Launching Samisade Desa Cimanggu Dua.

Nominal anggaran yang kami serap untuk tahap pertama ini kurang lebih 550 jutaan dan pengerjaan pembangunan juga sudah berjalan,” ujar Senan kepada wartawan saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (2 November 2022).

Foto: Pembangunan jalan lingkungan (Jaling) di Kp. Kelapa Rw 01 sepanjang 2000 meter.

Dengan program Samisade ini, Senan berharap bisa mengcover dalam hal segi pembangunan infrastruktur di wilayahnya juga di harapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi warganya.

Menurutnya, dengan Program Samisade ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal pembangunan infrastruktur di wilayah desa cimanggu dua, karena untuk memperlancar akses warga beraktivitas.

“Karena kalau hanya mengandalkan dari anggaran dana desa (DD), itu hanya memenuhi beberapa titik saja, dan alhamdulilah adanya Samisade ini program unggulan desa pun sudah terealisasi.

Dan saya harap pembangunan infrastruktur ini bisa di rasakan oleh warga masyarakat, akses wilayah cimanggu dua semakin lancar dan lanju pertumbuhan ekonomi juga bisa semakin meningkat,” ungkap Senan, Kades yang menjabat tiga periode itu. (Rdy)

 108 total views,  1 views today