Launching Samisade, Pemdes Sukamulya Bangun Jalan Desa dan Akses Wisata

Bogor,Lensaexpose.com – Kepala Desa (Kades) Sukamulya, Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor, Komar terus dorong perekonomian warganya dengan cara perbaikan jalan melalui Program Satu Milyar Satu Desa (SAMISADE).

Pemerintah Desa sukamulya kecamatan sukamakmur mendapatkan kucuran anggaran sebesar satu milyar dari program (SAMISADE) yang dialokasikan untuk pembangunan jalan di Ruas jalan,

Lokasi pembangunan jalan tersebut di Kampung Tegalpanjang dan di kampung Lewibangke untuk pelebaran jalan 1000 meter.

Selain itu betonisasi Jalan Desa di Kampung Cisoro Rt/Rw 01/04 sepanjang 400 meter dan pembukaan jalan wisata di Kampung Mulyasari Rt/Rw 05/01 sepanjang 1500 meter.

“Jalan tersebut cukup padat, karena digunakan aktivitas masyarakat, baik dari bertani dan wisatawan sehingga kita bangun diprogram Samisade tahun ini,” ungkap Komar Kepala Desa Sukamulya kepada Wartawan, Senin (1 November 2022).

Ia menuturkan, mengingat separuh warganya beraktivitas menggunakan akses jalan tersebut tentunya jalur tersebut penentu perekonomian masyarakatnya.

“Dengan adanya jalan ini tentunya memangkas jarak tempuh bagi warga sekitar, dengan adanya jalan ini, bukan hanya untuk roda perekonomian saja tentunya untuk kepentingan pendidikan yang sering digunakan untuk berangkat sekolah,” tutur Komar.

Selain warganya yang berprofesi sebagai petani, penjaga villa juga taksi villa, dengan dibangunnya jalan ini akan memudahkan warganya saat beraktivitas.

“Kalau untuk warga yang menggunakan jalan ini kurang lebih ada sekitar 1000 kartu keluarga yang menggunakan akses jalan ini,” jelas Kades komar.

Selain itu juga ia mengajak seluruh warganya untuk memiliki rasa saling memiliki sehingga jalan yang sudah dibangunkan bisa terjaga dan kuwat, atau panjang umur jalan tersrbut.

“Kita juga selalu memberikan informasi terkait program desa, tentunya dengan (Samisade) juga kita buat tim khusus untuk mensosialisasikan kepada masyarakat akan adanya pembangunan jalan dari anggaran pemerintah,” tuturnya.

Sementara Kasi Ekbang Sukamakmur mengatakan, rata-rata desa yang berada di naungannya mengajukan permohonan bantuan anggaran samisade untuk pembangunan infrastruktur dan tebing penyanggah tanah (TPT).

“Masih banyak jalan yang belum dilaksanakan pembangunan mangkanya program samisade ini, rata-rata diarahkan ke pembangunan jalan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, tidak menutup kemungkinan tahun depan dalam program samisade akan difokuskan kepada hal-hal lain jika jalan yang dimiliki desa sudah mempunyai selagi sesuai dengan aturan.

“Saya menghimbau agar dilaksanakan sesuai dengan aturan sesuai dengan peraturan Bupati (perbup) juga yang terutama terkait pembayaran pajak,” pungkas. (Hadri A)

 48 total views,  1 views today