Rabu, April 24, 2024
KesehatanPemerintahanProvinsi Banten

Majelis Taklim Balai Wartawan Depok Gandeng BPJS Ketenagakerjaan Lindungi Anggota

Depok, Lensa Expose.com

BPJS Ketenagakerjaan Kota Depok menyambangi Balai Wartawan Kota Depok untuk melakukan Sosialisasi Program Jamsostek Pekerja Mandiri dari BPJS Ketenagakerjaan, khususnya para media di Kota Depok, Rabu (12/10/2022).

Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Kantor Cabang Depok, Anita Riza Chaerani didampingi Yoga dan Ajeng Account Representative Khusus mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan adalah sebuah badan hukum yang disediakan untuk publik dengan tujuan memberikan perlindungan kepada seluruh tenaga kerja di Indonesia dari risiko sosial ekonomi non Informal maupun tidak penerima gaji.

“Belum semua wartawan didaftarkan dari medianya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Untuk itu Wartawan yang tidak dapat perlindungan dari kantor dapat kami masukan di Program BPJS Mandiri,” kata Anita Riza Chaerani.

Riza mengatakan, banyak manfaat yang didapatkan dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Seperti halnya
Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK) dan Jaminan Hari Tua (JHT).

“Manfaat untuk Program JKK, biaya pengobatan dan perawatan sesuai indikasi medis standar Pelayanan Kelas 1 Rumah Sakit Pemerintah, sama persis tidak ada perbedaan. Untuk Program JK mendapat santunan 42 juta terdiri dari Biaya Pemakaman 10 juta, Santunan Berkala 12 juta dan Santunan Kematian 10 juta. Sedangkan Program JHT, akan di akumulasi iuran hasil pengembangan diatas bunga deposito,” jelasnya.

Riza juga mengatakan, untuk pendaftaran menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa dikolektifkan, dan hanya cukup menyerahkan data fotocopy KTP dan nomor handphone serta iuran pertama Rp.16.800/bulan.

Ketua Majelis Taklim Balai Wartawan Kota Depok, Adie Rakasiwi mengucapkan terima kasih kepada pihak BPJS Ketenagakerjaan Kota Depok yang telah mensosialisasikan program dan manfaat menjadi perserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Berawal dari pengajian bulanan MT. Balwan Kota Depok yang mana dihadiri oleh Asisten Ekbang Setda Kota Depok, bapak Sidik Mulyono, yang menyarankan dan akan menjembatani para wartawan dengan BPJS Ketenakerjaan, karena banyak manfaatnya kelak. “Alhamdulillah, hari ini dapat terlaksana, semoga rekan-rekan wartawan banyak yang mendaftar jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” paparnya.

Asisten Ekbang Setda Kota Depok, Sidik Mulyono sangat mengapresiasi para awak media yang kesehariannya bertugas dan meliput kegiatan di Kota Depok, secara kolektif mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Saya sangat apresiasi para wartawan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan keluarga dirumah. Kalau sudah menerima kartu BPJS Ketenagakerjaan, jangan lupa beritahu orang rumah agar mengetahuinya,” pungkasnya. (Irfan)

Loading