Pokdar Kamtibmas Kabupaten Lampung Utara Dikukuhkan

Lampura | Lensaexpose.com

Focus group Discussion (FGD) polres Lampung Utara, peran Pokdar, Dai Kamtibmas dan FKUB mengantisipasi radikalisme dan inteloransi di wilayah hukum polres lampung utara dan Pengukuhan Pokdar Kamtibmas di Kabupaten Lampung Utara, Kotabumi 20 September 2022.

Acara itu di hadiri oleh Kapolres Lampung Utara AKBP Kurniawan Ismail,S.H.S.I.K.,M.I.K, kepala Kemenag Lampung Utara, Dandim 0412 Diwakili, Fadly Ahmad ketua Pokdar lampung utara, dan peserta FGD yang hadir di Gor wira satya polres lampung utara.

Kapolres AKBP Kurniawan dalam sambutannya, pada acara FGD yang mengambil Tema Peran Pokdar Kamtibmas, Dai Kamtibmas dan FKUB Dalam Mengantisipasi Berkembangnya Intoleransi dan Radikalisme Guna Terwujudnya Situasi Kamtibmas Yang Kondusif di Wilayah Hukum Polres Lampung Utara, menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada para pejabat dan peserta yang hadir.

Lanjutnya, kegiatan ini adalah berkaitan dengan yang pertama Pokdar Kamtibmas diaktifkan kembali, dimana Pokdar Kamtibmas nantinya akan menjadi mitra dari Polres Lampung Utara dalam mewujudkan Situasi Kamtibmas yang Kondusif.

Sebagai gambaran Konsep diaktifkannya kembali Pokdar Kamtibmas adalah dikarenakan keterbatasan kuantitas jumlah personil Polres Lampung Utara (masih dibawah 50% dari jumlah yang seharusnya) sehingga diberdayakan potensi masyarakat sebagai Mitra Polri yang akan membantu dan mendukung pelaksanaan tugas kepolisian dalam kewenangan yang terbatas (hanya pada fungsi preemtif dan preventif)

“Kapolres Lampung utara, Pengukuhan Pokdar kamtibmas kabupaten Lampung utara merupakan langkah-langkah untuk mewujudkan keamanan bagi masyarakat”

Fadly ahmad Ketua Pokdar mengatakan, Pokdar Kamtibmas adalah kelompok sadar keamanan dan ketertiban masyarakat, tugas adalah sukarela membantu penegak hukum untuk mengamankan dan menertibkan masyarakat di wilayah masing-masing khusus nya di kabupaten lampung utara, adapun sebutan lain dari Pokdar Kamtibmas adalah citra bhayangkara.

“Kepada seluruh anggota Pokdar Kamtibmas agar bertindak secara hati-hati dan tidak bertindak secara gegabah atau main hakim sendiri segera laporan kepada pihak yang berwenang apabila menemukan hal-hal yang mencurigakan atau menangkap pelaku tindak kriminal dan kejahatan diwilayah masing-masing,” tegasnya.

Pengukuhan Pokdar Kamtibmas Dedi Nurman,S.T.M.M selaku ketua Pokdar kecamatan se-kabupaten Lampung utara mengatakan bahwa diri nya siap berpartisipasi dalam mewujudkan ketertiban di wilayah kota kecamatan sampai di desa untuk memberikan keamanan serta membantu polres lampung utara dalam menegakkan ketertiban dan keamanan memperkecil ruang lingkup tindak kejahatan di kabupaten Lampung utara, tutupnya. (Zul)

 256 total views,  1 views today