Puluhan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) Di Cibungbulang Dibina Dinsos Kabupaten Bogor

Cibungbulang – Puluhan pemulung di wilayah Kecamatan Cibungbulag Kabupaten Bogor mengikuti bimbingan rehabilitasi sosial gelandangan dan pengemis diluar panti sosial tahun anggaran 2022.

Kegiatan itu diselenggarakan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor yang dilaksanakan di Desa Cimanggu Dua, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Rabu 31 Agustus 2022.

Dalam giat bimbingan tersebut diikuti oleh puluhan pemulung di wilayah kecamatan Cibungbulang yang meliputi 3 (tiga) desa, yaitu Desa Cimanggu Dua, Desa Cibatok Satu dan Desa Cibatok Dua yang akan dilaksanakan selama 2 hari (31 Agustus – 1 September) 2022.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial, Tuna Susila & Korban Perdagangan Orang Dinas Sosial kab. Bogor, Buchori Muslim menjelaskan, giat bimbingan Rehabilitasi sosial gelandangan dan pengemis tersebut untuk memeberikan arahan dan pencerahan bagi meraka yang memerlukan kesejahteraan sosial dan pihaknya menunjuk di wilayah kecamatan Cibungbulang yang di pusatkan di Desa Cimanggu Dua yang diikuti oleh 3 desa.

Foto: Buchori Muslim, Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial, Tuna Susila & Korban Perdagangan Orang Dinas Sosial Kab. Bogor.

“Kalau untuk data pemulung dan pengemis di Kabupaten Bogor sih ribuan yah, dan kenapa kami fokuskan di sini, karena di Cibungbulang inikan dekat dengan TPAS Galuga, jadi banyak pemulung dan pengemis,” kata Buchori Muslim kepada wartawan, Rabu 31 Agustus 2022.

Setelah dilakukannya bimbingan ini dirinya mengarapkan ada perubahan, terutama masalah pekerjaan, dan merekapun bisa lebih dihargai.

“Kamipun memang arahnya kesana, jadi perekonomian mereka supaya ada peningkatan. Intinya lebih baik tangan di atas daripada tangan dibawah. Cuman kalau untuk memberikan pelatihan-pelatihan anggarannya belum ada. Jadi ini hanya bimbingan aja dulu, kedepannya baru kita adakan pelatihan,” ujarnya.

Sebetulnya lanjut Buchori, tambah Buchori, kalau untuk data seperti pemulung, gelandang dan pengemis kita babyak sih. Kalau pemulung ada ribuan mah, tapi kalau untuk pengemis kebanyakan didominasi dari luar Bogor.

“Jujur yah kalo untuk data-data mereka, yang sekarang kami sebut Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS). Kami sangat riskan untuk memberikan data, kami tidak terlalu terbuka, jadi tidak telalu di Expose takut ketersinggungan. Oleh karenanya kami jaga nama baik mereka, dulu kan disebut Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Sekarang kami ganti jadi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS),” sebutnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Desa Cimanggu Dua, Senan mengatakan, hari ini pihaknya mempasilitasi giat Bimbingan Rehabilitasi Gelandangan dan Pengemis yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Bogor.

“Hari ini di wilayah Kecamatan Cibungbulag, khususnya di Cimanggu Dua jadi tuan rumah untuk melaksanakan bimbingan rehabilitasi bagi gelandangan dan pengemis yang di programkan oleh Dinsos Kabupaten Bogor. Pesertanya sekitar ada 30 (tiga puluh) orang pemulung yang meliputi 3 (tiga) Desa, Desa Cimanggu Dua, Cibatok Satu dan Desa Cibatok Dua. Itu pemulung, kalau pengemis di kami tidak ada,” kata Senan kepada Wartawan, Rabu 31 Agustus 2022.

Menurut Senan, dilakukannya bimbingan tersebut sangat penting bagi warga masyarakat, khususnya warga desa cimnaggu dua, karena untuk pengetahuan dan motivasi mereka yang nantinya akan terbentuk.

“Setelah mengikuti bimbingan ini, nanti mereka (peserta bimbingan) banyak ilmu-ilmu yang di dapat dari narasumber yang akan menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan bimbingan tersebut. Jadi tjuannya untuk mempasilitasi mereka supaya ada nilai tambahan lebih dari hasi mereka bekerja,” ujarnya.

“Harapannya, mereka yang mengikuti bimbingan ini supaya ada peningkatan. Bagaimana pun juga, pemulung ini kan bekerja untuk menghidupi kebutuhan keluarganya. Jadi dari pekerjaanya itu supaya ada nilai lebih, oleh karena itu sekarang mereka diberikan bimbing, teknis dan sebagainya oleh narasumber,” harapnya.

Sementara Ketua Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Cibungbulang, Edi Sukarya menyampaikan, kegiatan bimbingan tersebut bertujaun untuk memeberikan edukasi terkait permaslahan sosial dan juga motivasi untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih layak bagi mereka sebagai PPKS.

“Bimbingan rehabilitasi sosial ini diperuntukkan bagi para gelandangan dan pengemis yang ada di wilayah Kecamatan Cibungbulag ini. Giat inipun kami melibatkan beberapa narasumber dari Kemensos dan Dinsos Kabupaten Bogor. Mudah-mudahan dilakukannya kegiatan ini bisa memberikan pencerahan-pencerahan bagi mereka dalam hal ini sebagai PPKS, dan bisa berjalan sesuai yang kami harapkan,“ ungkapnya. (Rdy)

 75 total views,  1 views today