Kamis, Maret 28, 2024
DaerahPemerintahanTNI/POLRI

Launching Green Service Satpas Polresta Cirebon Jadi Kado HUT ke-77 RI

Cirebon | Lensaexpose.com

Polresta Cirebon melaunching layanan Green Service dalam pembuatan SIM dan SKCK di Satpas Polresta Cirebon. Peluncuran layanan tersebut menjadi kado spesial dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, mengatakan, Green Service tersebut menjadi persembahan dari Polresta Cirebon untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI. Selain itu, menjadi harapan dan doa untuk kelestarian ekosistem lingkungan sekitar.

“Green Service Satpas Polresta Cirebon ini dilaunching untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan memanfaatkan sampah plastik untuk pembayaran PNBP SIM dan SKCK,” ujar Kombes Pol Arif Budiman.

Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli lagi dalam menjaga keindahan, kelestarian, dan ekosistem alam khususnya dari pencemaran sampah plastik. Pasalnya, mulai hari ini sampah plastik tersebut dapat dimanfaatkan untuk pembayaran PNBP dan akan mendapatkan layanan prioritas.

Dalam layanan Green Service Satpas Polresta Cirebon tersebut, masyarakat yang menjadi pemohon penerbita SIM maupun SKCK dapat membayar biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dalam pembuatan SIM dan SKCK menggunakan sampah plastik.

“Tetapi bukan membawa sampah plastiknya secara langsung, melainkan menabung sampah plastik ke bank sampah yang terdapat di seluruh wilayah Kabupaten Cirebon. Hasil tabungannya yang digunakan untuk pembayaran PNBP pembuatan SIM dan SKCK di Satpas Polresta Cirebon,” kata Kombes Pol Arif Budiman.

Ia mengatakan, saat ini Polresta Cirebon telah bekerja sama dengan 10 bank sampah di Kabupaten Cirebon. Namun, pihaknya menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon untuk mengintegrasikan saldo bank sampah untuk digunakan dalam pembayaran SIM dan SKCK.

Menurutnya, jika saldo bank sampah telah mencukupi untuk membayar PNBP pembuatan SIM maupun SKCK, maka petugas bank sampah akan memberitahu Polresta Cirebon dan menghubungi nasabah untuk waktu kedatangannya ke Satpas Polresta Cirebon.

Pasalnya, nasabah bank sampah tersebut akan mendapatkan layanan prioritas di Satpas Polresta Cirebon. Sehingga mereka bakal mendapatkan banyak keuntungan dalam layanan yang diinginkannya dari mulai tempat duduk prioritas, tanpa antre, tanpa uang, dan dipastikan lebih cepat.

“Kalau hari ini sampah plastiknya baru dapat 4 kilogram atau 1 kilogram sekalipun tidak ada masalah, yang terpenting terus-menerus menabung di bank sampah sampai dengan saldonya mencukupi untuk pembayaran PNBP dalam pembuatan SIM maupun SKCK,” ujar Kombes Pol Arif Budiman. (Piryanto)

Loading