Gebyar HUT RI di Kecamatan Rancabungur, Begini Kata Camat Dita Aprillia

Rancabungur – Dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke-77 tahun 2022, Pemerintah Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, mengegelar berbagai kegiatan atau perlombaan yang di ikuti oleh antar instansi maupun warga masyarakat setempat yang dilaksanakan secara gebyar.

Adapun beberapa perlombaan yang di selenggarakan oleh panitia HUT RI Kecamatan Rancabungur salah satunya yakni, lomba kebersihan desa, bulu tangkis antar instansi, olahraga tradisional, hias gapura, karnaval, tumpeng, jalan sehat dan juga yang lainnya.

Ketua Panitia, Edi Wahyudi menjekaskan, rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 77 tahun 2022 ini, berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Karena menurutnya, saat ini di kecamatan Rancabungur memiliki pemimpin baru dan muda serta energi yang luar biasa.

“Jadi belaiu memiliki semangat yang tinggi, sehingga perayaan HUT RI di tahun ini dilaksanakan secara gebyar dan meriah. Dimana berbagai kegiatan perlombaan pun cukup padat, seperti lomba bulu tangkis antar instansi, kebersihan desa, olahraga tradisional, hias gapura, karnaval, tumpeng, pokonya banyak sekali. Dan termasuk kegaiatan yang semalem baru dilaksanakan yaitu “Rancabungur Bershalawat” kata Edi saat diwawancarai awak media ini, Senin (15)08/2022).

Foto: Kemeriahan Rangkaian Giat HUT RI ke-77 Tahun 2022 di Kecamatan Rancabungur.

Dan hari ini, sambungnya, merupakan puncak pesta rakyat. Dimana masyarakat rancabungur di ajak bergembira dengan suka ria dengan panggung gembira yang sebelumnya di awali dengan kegiatan gerak jalan sehat yang diikuti oleh ribuan warga masyarakat rancabungur.

“Hari ini acara puncak pesta rakyat, dan pembagian door prize seperti motor (hadiah utama), kulkas, mesin cuci, sepeda, kipas angin dan yang lainnya. Alhamdulillah animo masyarakat cukup antusias, karena kita cetak 7500 kupon dan yang tersebar sekitar ada 6000 kupon. Seperti peserta jalan sehat tadi kalo saya lihat cukup membludak yang di ikuti oleh siswa dari sekolah tingkat SMA sampai SD maupun warga masyarakat rancabungur,” jelasnya.

Adapun rute yang dilalui oleh peserta jalan sehat tersebut, start dari lapangan Cimulang menuju Cimulang Ujung, lalu ke perumahan Hambar Tiga dan pinis di lapangan Rawayan Rancabungur.

“Kenapa kita ngambil rute itu, untuk menghindari jalan raya, takutnya menimbulkan kemacetan dan mengganggu kepentingan masyarakat yang lain. Dan harapan saya, kegiatan ini akan menjadi momentum bagi kecamatan Rancabungur untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang sipatnya bisa memberikan kebahagiaan kepada warga masyarakat dalam memperingati HUT RI ini. Dan mereka akan terus mengenang kegiatan serta pengorbanan para pahlawan,” tutup Edi Wahyudi.

Sementara Camat Rancabungur, Dita Aprillia mengatakan, rangkaian acara peringatan HUT RI di kecamatan Rancabungur di isi dengan berbagai kegiatan atau perlombaan yang sudah berlangsung maupun yang sedang berjalan.

“Kita juga adakan kegiatan jalan sehat yang melibatkan seluruh warga masyarakat. Nah, sebelumnya tadi malam (14 Agustus 2022-red) kita sudah melaksanakan kegiatan “Rancabungur Bershalawat”. Jadi sebelum kegiatan gebyar ini kita mengajak semua warga rancabungur ini untuk bershalawat dan doa bersama” ujar Dita disela giat gebyar kepada wartawan, Senin (15/08/2022).

Ia menyampaikan, dengan diadakannya acara tersebut, animo masyarakat sangat antusais. Karena menurutnya, selama 2 tahun lebih bangsa ini khususnya kabupaten Bogor dilanda pandemi sehingga acara kemeriahan yang sipatnya berkerumun di tiadakan.

“Alhamdulillah yah, karena sudah dua tahun pandemi, sehingga ada acara seperti ini animo warga masyarakat sangat antusais sekali. Oleh karena itu, dari panitia HUT RI kami menyediakan door prize yang cukup banyak untuk dibagiakan kepada warga masyarakat,” ujarnya.

Adapun pihak yang dilibatkan, sambung Dita, pada rangkaian acara tersebut, pihaknya menggandeng pihak PGRI dan berkolaborasi dengan seluruh instansi yang ada di kecamatan rancabungur.

“Acara ini kita melibatkan banyak pihak, seperti dari PGRI, MUI, Koramil, Polsek, UMKM, Karang Taruna lalu dari KNPI kepemudaan dari Kormi juga kita libatkan,” katanya.

Diakhir wawancaranya dengan awak media, Ia menyampaikan makna dan himbauan kepada warga masyarakat di peringatan HUT RI ke 77 tahun 2022, bahwa saat ini warga masyarakat tinggal menikmati hasil dari perjuangan para pahlawan pada saat merebut kemerdekaan republik Indonesia.

“Oleh karena itu saya sangat menghimbau, manfaatkanlah kegiatan-kegiatan positif dan produktif untuk mengisi hari-hati kemerdekaan tersebut. Kita tidak perlu ikut berperang, tinggal menikmati di sini. Terutama untuk anak muda, mari kita jaga keberadaan pemuda dan anak-anak, karena merekalah yang akan menjadi penerus bangsa kita,” ungkapnya.

“Dan saya berharap, tentunya ini membawa kemajuan di rancabungur. Karena dengan diadakannya acara ini kita bisa bersilaturahmi dengan seluruh stakeholder yang ada, baik itu insternal maupun eksternal. Dengan warga masyarakat, kita berbaur disini untuk menyamakan persepsi dan kemudian kompak untuk membangun rancabungur ini lebih maju lagi,” pungkasnya. (Rdy)

 148 total views,  2 views today