Kapolres Tanjungbalai Hadiri Apel Kesiapan Antisipasi Bencana Alam Karhutla Tahun 2022

TANJUNG BALAI | Lensaexpose.com

Kapolres Tanjungbalai AKBP Ahmad Yusuf Afandi SIK. MM, menghadiri kegiatan apel kesiapan antisipasi bencana alam Karhulta Tahun 2022, kegiatan yang dilaksanakan pada Hari Jumat 12 Agustus 2022, sekitar Pukul 08.10 Wib di Halaman Kantor Walikota Tanjungbalai Jalan Jenderal Sudirman Km 5.5 Kelurahan Sijambi Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjungbalai

Apel Kesiapan Antisipasi Bencana Alam Karhutla Tahun 2022 dipimpin oleh Plt Walikota Tanjungbalai H. Waris Tholib S.Ag.MM. selaku pimpinan apel membacakan sambutan Gubernur Sumatera Utara pada Apel Kesiapan Karhutla Tahun 2022.

Apel kesiapan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan ini merupakan satu tahapan penting untuk mengingatkan kita akan perlunya upaya untuk memelihara kelestarian hutan dan lahan yang ada di Indonesia.

Presiden Jokowi telah memaparkan bahwa secara umum Indonesia telah berhasil menurunkan kebakaran hutan dari 2,6 juta hektare menjadi 358.000 hektare pada Tahun 2021. Namun demikian kondisi tersebut berbanding terbalik dengan penanganan karhutla di Provinsi Sumatera Utara.

“Saya menyadari bahwa upaya penanganan kebakaran hutan dan lahan ini bukanlah hal yang mudah. Banyak faktor penyebab kebakaran hutan di Indonesia, diantaranya yaitu faktor alam dan faktor manusia, baik yang dilakukan dengan sengaja, kelalaian ataupun karena motif ekonomi seperti untuk membuka lahan,” ucapnya.

Dalam mengatasi bencana kebakaran hutan dan lahan, terdapat 3 langkah penanggulangan yang dapat dilaksanakan, yang pertama yaitu pencegahan dengan memberikan sosialisasi yang berisi himbauan kepada masyarakat.

“Upaya kedua yaitu kecepatan penanganan pada saat terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Upaya ketiga yaitu melakukan penegakan hukum serta mengungkap fakta terjadinya kebakaran hutan dan lahan tersebut,” bebernya.

Beberapa poin penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan antara lain yaitu Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam pelaksanaan tugas serta pahami tugas pokok dan peran masing masing. Prioritaskan upaya pencegahan kerhutla melalui pemberian sosialisasi dan edukasi secara terus menerus kepada masyarakat.

Bangun posko terpadu serta laksanakan manajemen lapangan yang saling bersinergi dan terorganisir dengan baik serta tidak bekerja sendiri sendiri. Manfaatkan teknologi untuk melakukan pemetaan dan monitoring di area rawan terjadinya karhutla serta melakukan modifikasi cuaca.

Berdayakan potensi masyarakat dan perusahaan dengan membentuk regu pengendalian kebakaran hutan yang bertugas melakukan patroli dan pemadaman api.

Lakukan patroli secara rutin untuk mengecek sarana prasarana penanggulangan karhutla.

“Berikan solusi kepada masyarakat dan korporasi dalam pembukaan lahan dengan tidak melakukan pembakaran lahan,” tuturnya.

Lakukan langkah langkah penegakan hukum yang tegas kepada seluruh pihak yang dengan sengaja melakukan pembakaran hutan dan lahan. Mari kita sadari bersama bahwa tugas tugas mulia ini menjadi tanggung jawab kita bersama.

“Semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini akan menjadi catatan amal ibadah dihadapan Tuhan Yang Maha Esa,” pungkas PLT Walikota Tanjungbalai H. Waris Tholib.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Kapolres Kota Tanjungbalai AKBP Ahmad Yusuf Afandi SIK MM. Kasdim 0208/AS Mayor Inf Makmur Siahaan. Mewakili Danlanal TBA Kapten Z Simamora. Mewakili Kajari Tanjungbalai A.A Bram Manalu SH. Danki Brimob AKP Abdul Hakim Harahap SH.MH. Kakan BPBD Tanjungbalai Ridwan Parinduri STP. Kadis Kesehatan dr. Ali Azhari. Kalak BPBD M. Ridwan Parinduri. Para Kabag, Kasat, Kasi Polres Tanjungbalai.

Adapun Jumlah Peserta Apel lebih kurang 200 Orang terdiri dari yaitu Barisan Pomal. Barisan TNI-AD. Barisan TNI-AL. Barisan BASARNAS. Barisan Polres Tanjungbalai. Barisan Satpol PP. Barisan Dishub dan Barisan BPBD.

Laporan : Miko

Sumber : Kasi Humas

 1,601 total views,  1 views today