Jumat, April 26, 2024
DaerahPemerintahan

Bupati Garut Resmikan Masjid Al-Ihsan SMPN 1 Kabupaten Garut

GARUT, Lensaexpose.com – Bupati Garut Rudy Gunawan, meresmikan Masjid Al-Ihsan milik Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Garut, bertempat di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa-Barat, Sabtu (23/07/2022).

Ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita, Bupati Garut, Rudy Gunawan didampingi Kepala SMPN 1 Garut Asep Mulyana S Pd M Pd dan Ketua Komite SMPN 1 Garut Rd Aas Kosasih S Ag M Si, telah meresmikan pembangunan mesjid Al-Ihsan, Kantin Sehat, WC Ganteng, WC Cantik, Tempat Wudhu Laki-Laki dan Perempuan, Tempat Ganti Pakaian dan Ruang UKS.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Bupati Garut, Rudy Gunawan, Kepala Sekolah SMPN 1 Garut, Aceng Mulyana, SPd, MPd, Kabid SMP Disdik Garut, Asep Wawan Budiman, SPd, MSi, Ketua Komite Sekolah SMPN 1 Garut, Rd.Aas Kosasih, SAg, MSi, Ketua MUI Kabupaten Garut, KH.Sirojul Munir, para orang tua dan tamu undangan lainnya.

Bupati Garut, Rudy Gunawan dalam sambutannya mengatakan, Sejalan dengan Visi Misi Kabupaten Garut yakni Garut yang Bertaqwa, Maju dan Sejahtera, dirinya selaku Kepala Daerah turut bangga atas berdirinya Masjid Al-Ihsan ini.

Menurutnya, Masjid dan kegiatan keagamaan yang dilakukan SMPN 1 Garut merupakan salah satu komponen penting dalam membangun akhlak.

“Jika disuruh memilih akhlak atau ilmu, dua-duanya saya pilih, tetapi saya mendahulukan akhlak, karena percuma jadi orang hebat kalau moralnya buruk,

Hari ini sudah menempuh langkah luar biasa betul, artinya akhlak didahulukan kemudian ilmu membentengi di belakangnya, Garut sebagai kota santri ke depan agar semakin luar biasa,” ujar Rudy Gunawan.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Garut, Aceng Mulyana SPd, MPd, menuturkan, Masjid ini akan digunakan untuk kegiatan dan pembinaan keagamaan keluarga besar di lingkungan SMPN 1 Garut.

Ia menjelaskan, Masjid Al-Ihsan tersebut dibangun 2 lantai dengan luas 12 X 18 meter persegi, ini mampu menampung jamaah hingga 500 orang.

“Masjid ini dibangun sejak 2019 dengan menghabiskan dana sekitar 1,2 milyar, dana tersebut berasal dari beberapa donatur mulai dari wali murid, alumni, para guru dan karyawan SMPN 1Garut serta tokoh masyarakat,” jelasnya.

Lanjut Aceng, Keberadaan masjid berperan dalam membangun jiwa, akan kurang lengkap bila orang sholeh tetapi kurang dalam ilmunya.

“Tetapi sebaliknya, akan sia-sia kepandaian seseorang yang hatinya tidak terpaud dengan masjid oleh karenanya kami semua disini ingin mencapai agar sukses dunia akhirat,” pungkas Aceng Mulyana.**(Suwito)

Loading