Rabu, Juli 24, 2024
Jawa TengahPeristiwa

Kali Kabayan Meluap, Hektaran Kolam Budidaya Ikan Warga Terendam Banjir

CISEENG,Lensaexpose.com – Pasca hujan deras hampir selama dua jam yang terjadi di wilayah Kabupaten Bogor, membuat sejumlah kali (sungai) meluap dan tak mampu menahan debet air. Seperti yang terjadi di Kali Kabayan yang melintasi dua desa di Kecamatan Ciseeng, Kab. Bogor.

Luapan air Kali Kabayan menyebabkan banjir dan merendam beberapa jalan desa serta puluhan hektare tambak atau kolam budidaya ikan milik warga di dua desa tersebut. Luapan air terjadi sejak Jum’at malam (15/7/2022) dan baru mulai surut, Sabtu pagi (16/7/2022).

“Air banjir itu asalnya dari Kali Kabayan yang meluap. Ada jalan yang tertutup dan puluhan hektar tambak ikan hias dan ikan konsumsi milik warga terendam,” ungkap Syahrul Kholiq (40), warga Desa Babakan, Sabtu (16/7/2022).

Dikonfirmasi terkait musibah banjir ini, Pelaksana Tugas (Plt) Camat Ciseeng, Agus Sopiyan mengatakan bahwa saat ini pihaknya bersama jajaran pemerintah desa tengah melakukan pengecekan ke lokasi – lokasi terdampak di dua desa.

“Iya, lokasi terdampak luapan air sungai Kabayan berada di dua wilayah desa yaitu Desa Babakan dan Desa Cibeteung Udik. Kami sedang cek langsung ke dua lokasi musibah tersebut,” ungkap Agus Sopiyan.

Sementara Tajudin, Kepala Unit Satpol PP Kecamatan Ciseeng, mengatakan pihak Pemcam Ciseeng dan Pemdes setempat sudah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Tagana, Polri, TNI dan lainnya untuk melakukan pendataan dan penanganan dampak bencana.

“Bersyukur sejauh ini tidak ada korban luka atau jiwa. Kalau kerugian materi tentu harus ada pendataan yang lengkap. Yang pasti memang banyak tambak ikan warga yang terendam banjir,” tukasnya. (Rdy)

Loading