Jumat, April 26, 2024
DaerahPemerintahan

Gandeng Patriot Desa Jabar dan WHC NU, Pemcam Setu Dampingi Puluhan Pelaku UMKM untuk Dapatkan Sertifikasi Halal

Bekasi,Lensaexpose.com – Pemerintah Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi bekerjasama dengan Patriot Desa Jabar dan World Halal Centre Nadlatul Ulama (WHC NU) melaksanakan sosialisasi dan pendampingan Sertifikasi Halal untuk produk UMKM Kec. Setu yang berlangsung di aula Desa Taman Sari Kecamatan Setu Kab. Bekasi, Selasa (28/06/2022).

Acara yang diberi sambutan oleh Lasmat Mulawarman mewakili Kepala Desa Taman Sari Jahi Hidayat sebagai tuan rumah kegiatan, Tessa Mardana, MKm koordinator Patriot Desa Kabupaten dan Evi Mailina Ketua UMKM Setu dan yang dibuka langsung oleh Sekcam Setu M. Ali Amran ini dihadiri oleh Adiyanto Wijaya dan team dari WHC NU sebagai pendamping dan narasumber, Dra Erniati dan Kusnadi dari Pemerintah Kecamatan Setu, serta 35 (tiga puluh lima) orang pelaku usaha UMKM se-Kecamatan Setu.

Dalam sambutannya Sekcam Ali Amran menyampaikan, Pihaknya mengucapkan syukur dan sangat mengapresiasi atas bantuan yang telah diberikan oleh Patriot Desa kepada pemerintah kecamatan Setu untuk kemajuan masyarakat desa Setu.

Dan terbentuknya Forum UMKM Kecamatan Setu yang di-inisiasi oleh Patriot Desa telah mulai menunjukkan dampak yang positif.

“Kita mau agar UMKM Desa Setu bisa bersaing dengan usaha-usaha lain diluar kecamatan Setu. Pertama UMKM desa Setu sudah mendapatkan Nomor induk Berusaha (NIB), selanjutnya sudah melakukan bazar untuk memperkenalkan produk-produknya di desa Lubang Buaya,” ujarnya.

Kata Ali Amran, sekarang dilanjutkan dengan pengurusan atau pemberian Sertifikat Halal secara gratis. Semua ini adalah agar UMKM Setu bisa bersaing pada industri ritel seperti Indomaret dan Alfamaret dan juga di market Online.

Untuk itu mudah-mudahan ada lagi kegiatan serupa kedepannya untuk perijinan dari dirjen POM terkait expired-nya, kesehatan, dan juga yang terkait kemasan atau packagingnya serta terkait pemasarannya.

“Jadi agar bisa bersaing produk-produk UMKM harus dikemasan secara rapi dan menarik, sangat disayangkan apabila kesempatan yang ada tidak dapat dimanfaatkan. Kami berharap ibu Evi ketua FORUM UMKM kec. Setu bisa merangkul semua pelaku usaha UMKM Setu. Dan harapan kami dibawah kepemimpinan ibu Evi UMKM Setu kedepannya bisa lebih maju lagi,” tuturnya Ali Amran.

Sementara saat diwawancarai oleh awak media ini, Ali Amran menerangkan, kegiatan ini adalah inisiasi kita (Pemerintah Kecamatan Setu) sebagai tindak lanjut dari pembentukan Forum UMKM Setu. Pada pembentukan forum itu kepada pelaku UMKM sudah diberikan NIB dan setelah itu pelaku UMKM sudah melakukan bazar.

“Nah sekarang ini kita inisiasi lagi dengan WHC NU terkait pemberian Sertifikat Halal secara gratis kepada pelaku UMKM. Untuk selanjutnya kita harapkan ada lagi kegiatan-kegiatan serupa terkait izin dari BPOM, dan pelatihan-pelatihan terkait packaging dan pemasaran. Sehingga diharapkan UMKM Setu bisa lebih maju lagi,” papar Ali Amran.

Pada kesempatan terpisah Tessa Mardana juga menyampaikan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menaikkan kelas dari UMKM Setu, sebelumnya mereka telah mendapatkan NIB, sekarang pendampingan untuk mendapatkan Sertifikat Halal secara gratis sehingga produk UMKM Setu bisa mengikuti bazar-bazar, pameran-pameran makanan dan minuman.

Tidak lupa Tessa menyampaikan bahwa kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah kecamatan Setu.

“Harapan kami agar UMKM Setu bisa naik kelas dan memiliki daya saing di pasar lokal Setu dan diluar Setu nasional maupun di market place,” tutup Tessa. (Butar)

Loading