Sabtu, Juli 20, 2024
DaerahPemerintahanSosial & Budaya

Warga Kampung Lembur Sawah Desa Waringinsari Gotong Royong Bangun Mesjid Al-Ikhlas

CIANJUR | Lensaexpose.com 

Masjid merupakan sarana penting bagi peningkatan aspek spiritual masyarakat, sehingga keberadaanya sangat diperlukan. Masjid memiliki fungsi yang sangat luas.

Selain sebagai sarana untuk melaksanakan ibadah sholat, masjid juga memiliki fungsi sebagai pusat pendidikan, pembinaan akhlak, dan tempat berbagai kegiatan keagamaan. Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar islam, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al-Qur’an sering dilaksanakan di Masjid.

Mengingat perannya yang begitu besar, maka untuk mempermudah masyarakat dalam melaksanakan ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya. Ketua dewan kemakmuran mesjid (DKM) bapak Daman, dan ketua RT 03 Sopidin kampung lembur sawah. Desa Waringinsari, kecamatan Takokak kabupaten Cianjur bersama warga masyarakat khususnya masyarakat secara bergotong-royong membangun masjid “Al-Ikhlas”

Mesjid “Al-Ikhlas” sebelumnya telah ada, namun kondisinya yang sudah tidak layak, maka bangunan yang saat ini di adakan pembangunan mesjid, di bangun yang baru secara menyeluruh. Sebuah kegembiraan tentu terlihat dari rencana dan proses pembangunan masjid Al-Ikhlas ini hasil Komitmen masyarakat saat pertemuan rapat kepengurusan mesjid tersebut.

Yang dibicarakan rencana pembangunan masjid, terlihat dengan jelas ketika proses pembangunan. Masyarakat secara bahu membahu turut ambil bagian sesuai dengan porsi masing-masing. Bapak-bapak dan pemuda dengan semangat gotong royong membangun tapak demi tapak fondasi masjid. Keseruan ini juga terlihat dari kalangan ibu-ibu yang penuh antusias dalam memasak dan menyiapkan hidangan makan bagi para pekerja.

“Ini adalah sebuah suasana yang dirindukan kehadirannya. Semangat gotong-royong yang terus memudar pada generasi milenial ini, sudah sepatutnya untuk ditumbuhkan kembali.

Tak bisa disangkal dan menutup mata bahwa semangat gotong-royong telah teruji menjadi pilar penting bagi kesuksesan pembangunan, baik di tingkat Desa maupun tingkatan pemerintahan yang lebih tinggi.

Oleh karenanya, ini menjadi awal yang baik untuk menata pembangunan di kampung lembur sawah secara merata saat ini dan dimasa yang akan datang,” ungkapnya.

Pembangunan masjid ini lanjutnya, sepenuhnya adalah swadaya dari masyarakat. Oleh karena itu, melalui ketua RT 03 RW 02 dan ketua dewan kemakmuran mesjid, (DKM) bapak Daman ini pihaknya mengajak kepada seluruh warga masyarakat, baik yang ada di wilayah kampung lembur sawah maupun warga yang ada di kampung Cijeruk RT 04 RW 02 perantauan untuk turut berpartisipasi dengan menyisihkan sebagian rezekinya untuk pembangunan masjid Al-Ikhlas ini.

“Kepada para donatur, simpatisan, hamba Allah yang mengetahui informasi ini dapat menghubungi panitia pembangunan maupun kontak admin di website ini. Semoga tenaga, waktu, dan pikiran, maupun. Materi, harta yang diberikan untuk pembangunan masjid ini, menjadi ladang amal kebaikan disisi Allah SWT kelak. Amin Ya Rabbal Alamin Ya Rabal Alamin, pungkasnya. (Hadri A)

Loading