Sabtu, April 20, 2024
DaerahPemerintahanSosial & BudayaTNI/POLRI

Waka Polres Tanjungbalai Ikuti Gasuling Sambil Damas Bersama DMI Kota Tanjungbalai

Tanjung Balai | Lensaexpose.com

Waka Polres Tanjungbalai Kompol H. Jumanto SH. MH, melaksanakan Gerakan Sholat Subuh Berkeliling (Gasuling) sambil Berdakwah Kamtibmas (Damas) bersama Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Kota Tanjungbalai.

Kegiatan yang dilaksanakan Sabtu 04 Juni 2022, sekitar Pukul 05.00 Wib di Mesjid Nurul Huda Jalan H. Adam Malik Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjungbalai.

Kunjungan Tim Gassuling Damas dan DMI Kota Tanjungbalai dilaksanakan untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan Pendisiplinan prokes jamaah Mesjid Nurul Huda Kota Tanjungbalai.

Sebelum dilaksanakan kegiatan ceramah terlebih dahulu diberikan masker kepada para jamaah yang belum menggunakan masker. Lalu acara pembukaan dan sebagai pemandu acara Ustadz Fauzi, M.Pdi.

Wardi selaku Ketua BKM Mesjid Nurul Huda dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada rombongan Tim Gassuling Damas Polres Tanjungbalai dan Tim DMI Kota Tanjung Balai yang telah sudi berkunjung ke Mesjid Nurul Huda dan meminta kepada para jamaah untuk sama-sama mendengarkan pesan-pesan kamtibmas dari Polres Tanjungbalai dan tausiyah agama dari Ustadz Drs. Datmi Irwan.

Waka Polres Tanjungbalai Kompol Jumanto, SH. MH, menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan mengajak para jamaah untuk bersama-sama mendukung Kamtibmas di lingkungannya agar mendapatkan rasa aman dan nyaman.

Baik dalam beragama, berkeluarga maupun bernegara. Ummat yang melaksanakan Sholat tidak ragu lagi dalam menciptakan keamanan dan ketertiban.

“Agar pihak Badan Kemakmuran Mesjid (BKM) berupaya supaya jemaah Mesjid tetap ramai beramal ibadah, mari kita jadikan Mesjid menjadi tempat penyelesaian perkara-perkara kecil antar warga,” kata H. Jumanto.

“Salah Satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 adalah wajib menggunakan masker kemanapun. Juga menghimhau para jamaah tetap mematuhi protokol kesehatan 5M secara ketat.

Yaitu memakai masker; menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun bilas dengan air mengalir; menghindari kerumunan; mengurangi mobilitas dan kita harus patuh kepada Hukum Allah dan hukum Negara.

“Bijaklah dalam menggunakan jari-jari dalam bermedia sosial (Medsos), saat ini banyak berita hoax yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain,” ujar Kompol H. Jumanto.

Dengan tema Memakmurkan Mesjid, Al-Ustadz Drs Datmi Irwan mengatakan dalam Tausiahnya “Makmurnya Mesjid itu adalah Makmur Ibadahnya, yaitu adanya orang-orang yang beramal ibadah didalam masjid. Sesungguhnya orang yang beriman adalah orang yang memakmurkan Mesjid.

Jadikan Mesjid tempat amal ibadah, jadikan Mesjid tempat Da’wah, karena Da’wah adalah RUH nya agama, jadikan Masjid menjadi pengikat Ukhuwah, Masjid menjadi tempat berlindung bagi fakir miskin dan membantu yang membutuhkan.

“Didalam Al-Qur’an Allah SWT berfirman ‘Hai orang-orang yang beriman ikuti perintah Allah SWT dan perintah Rasulullah Saw pemimpin yang amanah diantara kamu’. Untuk itu mari kita dukung gerakan pemerintah khususnya dalam hal pelaksanaan vaksinasi massal di masyarakat dengan maksud untuk menguatkan imun tubuh, yang saat ini sedang gencar-gencarnya dilaksanakan di Kota Tanjungbalai,” pukas Ustadz Drs. Datmi Irwan sekaligus menutup acara dengan Doa.

Hadir dalam kegiatan Waka Polres Tanjungbalai Kompol H.Jumanto SH, MH. Ketua Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Kota Tanjungbalai Drs. Datmi Irwan, Ketua BKM Wardi, Ustadz Fauzi M.Pdi, Bripka Ivan Lendi Kanit Binkamsa Sat Binmas, Aiptu Ponimin Bhabinkamtibmas Bunga Tanjung.

Aipda Arifin Siregar Bhabinkamtibmas Kelurahan Pantai Johor. Bripka Edi Saputra Bhabinkamtibmas Kelurahan Gading dan Tokoh agama serta warga masyarakat serta jamaah mesjid yang hadir sekitar 35 orang.

 

Laporan : Miko

Sumber : Kasi Humas

Loading