Jumat, April 26, 2024
DaerahPemerintahan

Tumpukan Sampah Disamping Kantor Kelurahan Baros Disoal Warga

Tanggamus | Lensaexpose.com

Warga masyarakat kelurahan Baros mengeluhkan bau busuk sampah yang terletak di samping kantor kelurahan Baros kecamatan Kotaagung. (29 mei 2022)

Sampah yang tertumpuk membuat bau busuk tak sedap yang di alami masyarakat kelurahan baros ini sudah berjalan lama dan belum ada tindakan dari pihak terkait dari Kabupaten Tanggamus masalah peraturan pencemaran lingkungan.

Peraturan Pemerintah No.41 Tahun 1999 Tentang Pengendalian Pencemaran Udara: Lampiran : Peraturan Men LH No.12 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Pengendalian Pencemaran Udara di Daerah.

Menurut keterangan masyarakat yang berada di sekitar bak sampah yang bertempat di lapangan samping kantor Kelurahan Baros, Kecamatan Kotaagung mengatakan, warga masyarakat yang berada disekitar sampah itu sangat terganggu dengan adanya sampah yang menumpuk yang mengeluarkan bau busuk di siang malam, sehingga membuat ada beberapa orang sakit sampai berobat dan diungsikan ke tempat lain.

“Jadi tolong lah sampaikan keluhan warga kami ini, jangan di sini lagi tempat sampah, banyak warga yang sudah sakit akibat pencemaran lingkungan, kalau bisa sampaikan ke pak Gubernur masalah kami ini, terutama sampah,” ucap warga kepada Wartawan penuh dengan kekesalan, Minggu kemarin (29/05/2022).

Selain itu, warga juga sudah berulang kali menyampaikan usulan terkait bak sampah dengan aparat.

“Namun sampai saat ini belum juga ada tindakan, harapan kami supaya sampah ini tidak di tempat kan disini lagi,” harapnya warga.

Mengingat banyaknya keluhan masyarakat baros terkait bau busuk sampah yang sangat menganggu penciuman masyarakat warga disekitar bak pembuangan membuat pencemaran udara serta sudah membuat beberapa warga masyarakat sakit.

Dengan adanya persoalan seperti itu, semestinya dan seharusnya pihak Kelurahan, Kecamatan dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanggamus bisa memberikan solusi yang terbaik. Bukan sebaliknya malah memberikan ketidak nyamanan masyarakat akibat sampah yang disinyalir kurangnya pantauan serta kinerja yang tidak maksimal. (Masri Sp/Tim)

Loading