Sabtu, Juli 20, 2024
DaerahPemerintahan

PENGURUS FORUM UMKM KECAMATAN SETU DIKUKUHKAN

Kab. Bekasi | Lensaexpose.com

Patriot Desa Jabar bekerjasama dengan DPMD Provinsi Jabar dan DPMD Pemkab Bekasi menjadi panitia dalam acara Pengukuhan Pengurus FORUM UMKM Kecamatan Setu dan Pelatihan Bisnis bagi pelaku UMKM Kecamatan Setu.

Acara dilaksanakan pada hari Selasa dan Rabu (17/05 – 18/05) di aula Desa Taman Sari, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi yang bertajuk “UMKM Kecamatan Setu Bersinar, Bangkitkan Ekonomi Berbasis Inovasi Pasar”.

Acara tersebut dihadiri dan dibuka oleh Kepala DPMD Pemkab Bekasi Dra. Hj. Ida Farida, M. Si. Dalam kesempatan itu turut serta menyampaikan Kata Sambutan antara lain Camat Setu Drs. Djoko Dwijatmoko, S.T, M.Si, Kepala Desa Taman Sari Jaji Hidayat selaku tuan rumah serta Tessa Mardhana Koordinator Patriot Desa Kabupaten Bekasi.

Pengukuhan pengurus Forum UMKM Kecamatan Setu dilakukan oleh Camat Setu Djoko Dwijatmoko, selaku Pembina dan Sekretaris Camat M. Ali Amran, selaku Penasehat didampingi Kadis DPMD Pemkab Bekasi Ida Farida dan Agus Dwi Ryanto Kabid Pemberdayaan Usaha Mikro Dinkop UMKM kab. Bekasi.

Acara pengukuhan ini juga disambut dengan rasa syukur dan gembira oleh pengurus FORUM UMKM, peserta Pelatihan UMKM serta seluruh Kepala Desa dan Aparat Desa se-Kecamatan Setu yang hadir.

Ketua Panitia penyelenggara Safira dari Patriot Desa Jabar menyampaikan, Pelatihan ini akan berlangsung selama 2 hari (17/05/2022 – dan diikuti oleh 55 pelaku UMKM dari 11 desa se-Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi.

“Pelatihan pada Hari pertama akan dilaksanakan dalam 2 sesi, sesi pertama dengan materi Legalitas Usaha disampaikan oleh Kabid Pemberdayaan Usaha Mikro Agus Dwi Ryanto ST. MSi dan sesi kedua hari pertama dengan materi Membidik Segmentasi Pasar Yang Tepat disampaikan oleh DR. Retno Purwani Setyaningrum,M.Si dari Univ. Pelita Bangsa.

Hari kedua (18/05) pelatihan bermaterikan Digital Marketing Dan Pembuatan Toko Online, disampaikan oleh Perwakilan Shopee pusat Muhammad Arif, dilanjutkan materi Manajemen Keuangan Dan Akses Permodalan yang disampaikan oleh Bank BJB,” terang Safira dalam pemaparannya.

Sementara Muhammad Alim dari Patriot Desa menambahkan, acara yang di-inisiasi oleh seluruh rekan-rekan Patriot Desa Jabar ini bertujuan untuk Mengorganisir pelaku UMKM untuk melakukan gerak bersama sehingga informasi dan program yang disampaikan Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten bisa diterima oleh semua pelaku UMKM Kecamatan setu, dalam meningkatkan perekonomian masarakyat Desa se-kecamatan Setu.

“Dalam acara ini juga turut ditampilkan produk-produk UMKM se-Kecamatan Setu yang bervariasi dari produk kerajinan tangan, makanan dan minuman ringan. Acara ini juga di sukseskan oleh BJB, Pegadaian dan sooltan pay,” imbuh Muhammad Alim.

Acara penutupan diawali dengan pemberian Motivasi oleh anggota Dewan DPRD Kabupaten Bekasi dari Fraksi PDIP Ade Kuswara Kunang, SH dan ditutup oleh Kabid Pemberdayaan Usaha Mikro Provinsi Jabar Lisa, didampingi Kepala Desa Taman Sari Jaji Hidayat dengan harapan agar produk-produk UMKM Kecamatan Setu berkembang dan bersaing di tingkat Provinsi dan Nasional.

Penutupan diakhiri dengan doa dan ucapan Syukur kepada Allah SWT atas suksesnya pelaksanaan acara ini. Pembagian Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada setiap peserta Pelatihan mengakhiri keseluruhan acara. (Butar)

Loading