Sabtu, Juli 20, 2024
DaerahParlemen

Pemerintah Desa Girimukti Kec. Cibatu Laksanakan PAW Kepala Desa

Garut, Lensa Expose.com

Pemilihan Antar Waktu (PAW) kepala desa Girimukti berlangsung di Aula GOR desa Girimukti kecamatan Cibatu, Garut, Jawa Barat, Rabu, 12 Januari 2022.

Ada 3 calon PAW kepala desa Girimukti, nomot urut 1.Taufan Irawan, nomor urut 2 Dede Samsudin, nomor urut 3.Ridwan. Setelah diadakan pemungutan suara, yang meraih suara terbanyak adalah nomor urut 2. Dede Samsudin dengan jumlah suara tertinggi sebanyak 61 suara.

Di desa Girimukti semua ada 11 RW dan setiap 1 RW dibatasi hanya 10 orang yang berhak memberikan suara dan jumlah hak pilih sebanyak 110 orang yang berhak mencoblos dari para tokoh masyarakat yang ada di desa Girimukti. Hasil perolehan suara no urut 1 sebanyak 24 suara, nomor urut 2 memperoleh 61 suara, dan nomor urut 3 sebanyak 24 suara dengan total suara yang nyoblos 109 suara, 1 suara kosong.

Dalam pelaksanaannya dihadiri langsung dari dinas DPMPD Kab Garut, Camat Cibatu, kasi Pemdes kec. Cibatu, pendamping desa, Babinsa Koramil Cibatu, babinkamtibmas Polsek Cibatu, Pol PP Cibatu.

Ketua BPD Desa Girimukti Adis S.Pd mengatakan “Alhamdulillah pelaksanaan PAW di desa Girimukti berjalan lancar tanpa ada hambatan apapun. Dilaksanakannya PAW ini dikarenakan kepala desa sebelumnya meninggal dunia.

“Sehingga ada waktu jeda untuk melaksanakan PAW dengan lama jabatan kepala desa PAW waktunya hanya satu tahun setengah. Kami selaku lembaga atas berkat dorongan dari pemerintahan desa Girimukti dari mulai Pjs dijabat oleh Pak Asep dari kecamatan Cibatu dan tokoh masyarakat sehingga terbentuknya kepanitiaan Pilkades PAW,”ujar Adi

Adi mengucapkan terimakasih kepada Camat Cibatu, muspika dan seluruhnya yang sudah membantu mensukseskan terselenggaranya pemilihan kepala desa PAW desa Girimukti.

“Penentuan pemilihan hasil regulasi dari awal kami melaksanakan beberapa tahap, ada aklamasi, voting dan ada juga pemilihan melalui surat suara,”bebernya.

Adi juga menjelaskan pendaftaran awal 6 peserta, lalu ada verifikasi LKD berupa administrasi dan setelah di verifikasi oleh panitia bersama lembaga yang lain sehingga yang lolos ada 4 peserta, namun satu orang gugur dikarenakan kekurangan nilainya, akhirnya yang tiga lolos dan mengikuti pemilihan Pilkades PAW,”jelasnya.

Camat Cibatu Drs. Sardiman Tanjung menambahkan pelaksanaan PAW kepala desa di desa Girimukti kecamatan Cibatu ini sudah berjalan dengan sukses yang mana hari ini terpilih sesuai musyawarah desa, BPD melemparkan mekanismenya kepada tokoh masyarakat dan hasilnya masyarakat menyepakati pemilihan dilaksanakan secara voting tertutup.

“Masa jabatan pemilihan Pilkades PAW ini melanjutkan masa bakti 2017-2023 dan saya ucapkan apresiasi karna paska pelaksanaan pemilihan ini masyarakat menerima sehingga kedepannya kepada kepala desa terpilih, kita dorong bersama-sama untuk memajukan pemerintah desa Girimukti ini, jelas camat.

Penulis : Rais/Dede Oren

Loading