Senin, Juli 22, 2024
DaerahPemerintahanTNI/POLRI

Pangdam lll Siliwangi Tinjau Lokasi Banjir Bandang di Dua Kecamatan Kabupaten Garut

GARUT | Lensa Expose.com

Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III Siliwangi, Mayor Jenderal (Mayjen) Agus Subiyanto meninjau langsung lokasi banjir bandang dan sekaligus memberikan bantuan berupa paket sembako kepada para korban banjir bandang, di Kec.Sukawening dan Kec.Karangtengah, Kabupaten Garut, Jawa-Barat, Rabu (1/12/2021).

Pada kunjungannya tersebut Pangdam lll Siliwangi didampingi Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman dan Kapolres Garut AKBP Whirdanto Hadicaksono.

Pangdam III Siliwangi Mayjen Agus Subiyanto mengatakan, bahwa dalam kunjungannya ke Garut untuk mengecek secara langsung korban bencana sekaligus memastikan kondisi dan keadaan lokasi pasca terjadi banjir bandang.

Dalam arahannya, Ia menyampaikan, beberapa hal saat berada di lokasi banjir bandang,

Pihaknya meminta agar anak sungai atau aliran sungai harus selalu bersih, jangan sampai ada timbunan sampah apapun, dikarenakan jika sampah menumpuk sudah pasti air yang akan mengalir terhambat dan akibatnya air pun akan meluap hingga terjadi banjir bandang.

“TNI-Polri di bantu BPBD harus bekerja keras untuk membersihkan puing-puing bekas banjir bandang yang masih tersisa ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ia mengingatkan kepada BPBD maupun pemerintah setempat untuk menyampaikan kepada warga masyarakat agar lebih waspada, karena saat ini masih dalam masa musim penghujan.

Pangdam menyampaikan kepada Danrem 062/Tarumanagara dan Dandim 0611/Garut, untuk terus membantu dan memantau penanggulangan pasca banjir bandang walaupun dengan berbagai keterbatasan.

“Paling tidak para korban bencana sudah mulai bisa beraktifitas, sudah berada ditempat pengungsian yang aman, hingga mereka merasa tenang dan nyaman,” tandas Mayjen Agus Subiyanto.

Kunjungan yang dilaksanakan Pangdam lll Siliwangi merupakan sebagai bentuk perhatian kepada warga Garut yang terdampak banjir.

Selanjutnya usai meninjau lokasi, Mayjen Agus Subiyanto memberikan bantuan paket sembako secara simbolis kepada warga korban banjir bandang dan untuk perbaikan rumah, baik ringan maupun berat dan Pemerintah akan memberikan bantuan sebesar Rp 50 juta untuk pembangunan rumah warga yang rusak. (Suwito)

Loading