Sosialisasikan Program I-CARE, Kepala BPTP Lampung Harapkan Tanggamus Jadi Percontohan Dari 9 Provinsi

Tanggamus, Lensa Expose.com

Dr. Bambang Irawan, M.Sc., dari Tim Integrated Corporation of Agricultural Research, Development and Empowerment (I-CARE) dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian pusat.

Kemudian didampingi Dr.Drs. Jekvy Hendra, M.Si., selaku kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung bersama tim bertatap muka langsung dengan beberapa anggota kelompok tani di kecamatan Air Naningan. Bertempat di Balai Pekon Sidomulyo Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus, Kamis (10/6/2021).

Kegiatan ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dimana peserta tetap mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Giat ini dalam rangka memberikan sosialaisasi terkait program I-CARE serta menggali data valid kelompok tani kecamatan Air Naningan yang akan menerima program tersebut. Dimana Kabupaten Tanggamus akan menjadi pilot project program I-CARE tersebut dibidang perkebunan kopi dan peternakan khususnya ternak kambing.

Program ICARE ini bertujuan mengembangkan sistem produksi pertanian diversifikasi dan rantai nilai produk pertanian yang inklusif di lokasi pertanian terpilih untuk mendukung ketahanan pangan berkelanjutan melalui kegiatan dan pemberdayaan hasil penelitian dan pengembangan pertanian secara integratif dan kolaboratif.

Dr.Drs. Jekvy Hendra, M.Si., selaku kepala BPTP Lampung menyampaikan, Dirinya berharap kehadiran anggota dari kelompok tani ini dapat memberikan data – data yang valid untuk mendukung program ini.

“Saya melihat semua nampak antusias dan semangat, muda – mudahan di tahun 2022 nanti program ini dapat terealisasi dan Tanggamus menjadi contoh dari 9 provinsi,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kadis Perkebunan dan Peternakan Tanggamus, mengharapkan semua anggota kelompok tani ini dapat siap maju seratus persen mendukung dan melaksanakan program ini.

“Dan harapan saya data – data kelompok tani yang diberikan itu harus valid. Dan program ini berkolaborasi juga dengan Kartu Petani Berjaya,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu pula, Alamudin kepala Pekon Sidomulyo berharap dengan program I-CARE ini agar dapat meningkatkan kualitas petani.

“Saya ucapkan terimakasih kepada tim baik dari I-CARE dan BPTP Lampung yang sudah datang ke pekon Sidomulyo ataupun kecamatan Air Naningan. Semoga program ini dapat berjalan dan terlaksana sesuai harapan di tahun 2022 hingga 2027 nanti, dan Insya Allah kami siap mendukung dan melaksanakan program ini,” pungkas Alamudin. (Masri Sp)

 

 

Editor : Admin

 259 total views,  1 views today