Jumat, April 19, 2024
Daerah

Wakil Bupati Serahkan Penghargaan Kepada Penyuluh Pertanian Berprestasi di Kabupaten Garut

GARUT, Lensa Expose.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut memberikan penghargaan kepada Penyuluh Pertanian berprestasi yang ada di Kabupaten Garut, bertempat di Lapang Apel Sekretariat Daerah (Setda), Jl.Pembangunan No 185 Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa-Barat, Senin (24/5/2021).

Pemberian penghargaan kepada Penyuluh Pertanian berprestasi diserahkan oleh Wakil Bupati Garut, dr.Helmi Budiman, dalam rangka memperingati Hari Penyuluh Pertanian di Kabupaten Garut.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Garut, dr.Helmi Budiman, mengatakan Kabupaten Garut memiliki core business(bisnis inti) dalam bidang pertanian dan wisata. Selain dalam bidang pertanian Wabup berharap pihaknya juga bisa memberikan penghargaan kepada pelaku Wisata.

“Tentu tadi kita ada beberapa saudara kita yang mendapatkan penghargaan berprestasi, memang Kabupaten Garut ini core business-Nya adalah pertanian dan juga wisata memang harus didongkrak dan didorong. Mungkin bulan depan kita ingin memberikan penghargaan kepada pelaku-pelaku Wisata, karena masyarakat sadar wisata ini sangat diperlukan,” katanya.

Helmi berharap, Dengan adanya penghargaan bisa menjadi motivasi bagi para generasi muda agar terus bersemangat dalam bertani,

“Mudah-mudahan dengan adanya penghargaan ini ada motivasi, ada semangat karena semangat bertani terutama di kalangan muda sudah mulai pudar, ada semangat jadi petani itu adalah pekerjaan yang mulia,” harapnya.

Lanjut Wabup, Tak hanya itu, Prestasi ini bisa diraih tidak hanya di Tingkat Provinsi akan tetapi juga Tingkat Nasional.

“Karena ini juga akan diperlombakan di Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional, mudah-mudahan sekali lagi karena kita dari dulu sebagai petani turun menurun kemudian juga mendapatkan pencerahan baik oleh dinas maupun melalui pendidikan,

Atau misalnya dikirim kemana ke luar negeri dan sebagainya, mudah- mudahan kita mendapatkan prestasi bukan Tingkat Provinsi saja tapi juga Tingkat Nasional,” paparnya.

Sementara itu, Salah satu penerima penghargaan dalam kategori Kelembagaan Ekonomi Petani(KEP) Berprestasi,Ipah Atikah(55) selaku ketua KEP Mitra Amanah menuturkan, KEP Mitra Amanah sendiri bermula dari kelompok wanita tani yang membentuk koperasi simpan pinjam.

“Kami cikal bakal dari kelembagaan ekonomi petani, kami berawal dari kelompok wanita tani dengan berbagai usaha dan keperluan kita yaitu permodalan, kami membentuk koperasi simpan pinjam pada awalnya dan sekarang sudah bermitra dengan berbagai usaha,” tuturnya.

Ipah berharap, Dengan berdirinya KEP Mitra Amanah bisa menyejahterakan anggotanya terutama para kaum wanita agar bisa lebih mandiri dengan mempunyai penghasilan sendiri.

“Kami ingin menyejahterakan anggota kami yang 55 orang itu, semuanya dari kaum wanita karena kami namanya Kelompok Koperasi Wanita Mitra Amanah jadi 100% anggotanya wanita, cita-cita kami ingin menyejahterakan wanita supaya selain bisa ada penghasilan dari suami kita bisa mandiri,” pungkasnya.

Berikut adalah penerima penghargaan :

1.Penyuluh Pertanian Teladan (An. Asep Muzni Hidayat,SP,MP) Petugas Penyuluh Lapangan Kec.Samarang.

2.Balai Penyuluhan Pertanian(BPP) Berprestasi (An.BPP Wanaraja Kec.Wanaraja).

3.Petani Berprestasi (An.Warsito) Desa Cinta Karya Kec.Samarang.

4.Gapoktan Berprestasi (An.Ketua Gapoktan Cikandang Agro) Desa Cikandang Kec.Cikajang.

5.Kelembagaan Ekonomi Petani(KEP) Berprestasi (An.Ketua KEP Mitra Amanah Cilawu) Desa Mekarmukti Kec.Cilawu).

6.Pos Penyuluhan Desa (POSLUHDES) Berprestasi (An.Ketua Posluhdes Dunguswiru) Desa Dunguswiru Kec.Bulubur Limbangan. (Suwito)

 

Editor : Admin

Loading