Jelang Ramadhan, Petani Sayuran Asal Cisaeur Desa Cimanggu Dua Sumeringah

CIBUNGBULANG – Lensa Expose.com

Selama Bulan Ramadhan, harga kebutuhan pokok semakin melonjak. Salah satunya komoditi daging, sayur-mayur dan harga cabai.

Pasalnya, seperti yang dikatakan Oleh Nasir (65) salah satu petani timun asal Cisaeur, Desa Cimanggu Dua, kec. Cibungbulang mengatakan, harga sayur mayur selama ramadhan ada kenaikan harga.

“Jelang bulan puasa sampai saat ini, Alhamdulillah kebutuhan pokok, salah satunya timun yang saya panen ini ada kenaikan harga, dari mulai harga 1.500 per/kg, sekarang mencapai 3.000 – 4.000 per/kg. Itu juga tergantung barangnya, kalo lagi bagus mah bisa mencapai 5.000 per/kg,” kata Nasir usai panen timun, Senin (19/04/2021) kemarin.

Dikatakan Nasir, pria yang sudah lanjut usia itu, yang sudah 15 taun bergelut di usaha petani menjelaskan, dari mulai penanaman hingga panen paling lama 2 bulan, dan paling cepat 1 bulan lebih. “Tinggal tergantung kita cara merawat nya aja, dan sekali panen mencapai 2 ton lebih. Kalo untuk pemasarannya sendiri kita masukin ke pasar-pasar,” pungkas Nasir diloksai panen timun.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Cimanggu Dua, Senan mengatakan bahwa lokasi lahan pertanian yang saat ini masih produksi itu sekitar 30 hektar lagi. “Selebihnya udah habis sama perumahan, karena diwilayah kita sudah ada 3 perumahan, yakni perumahan gren viley perumnas dramaga dan citoh,” ujarnya. (Rdy)

 193 total views,  1 views today