Senin, Juli 22, 2024
Daerah

Jelang Ramadhan 1442 H, Polres Beltim Dan Polsek Jajaran Gelar Rakor Lintas Sektoral

Belitung Timur – Lensa Expose.com

Rakor lintas sektoral menjelang bulan suci Ramadhan 1442 H berlangsung di ruang Vicon Polres Belitung Timur, Senin 12 April 2021 pukul 09.00 Wib. Untuk 3 Polsek jajaran dilaksanakan di Polsek masing-masing. Kegiatan ini merupakan upaya untuk menyamakan persepsi terkait langkah-langkah yang harus dilaksanakan dalam perayaan keagamaan antara seluruh elemen dan komponen baik dari TNI, Polri, Pemerintah dan para pemuka agama  di Kabupaten Belitung Timur sampai dengan tingkat Kecamatan atau Desa.

Dalam pengamanan situasi wilayah selama pelaksanaan ibadah bulan suci Ramadhan 1442 H, Kepolisian akan bersinergi dengan TNI dan stakeholder lainnya untuk tetap menjaga situasi dan stabilitas Kamtibmas dan menjaminkan keamanan Kab. Beltim agar seluruh umat Islam saat menjalankan ibadah puasa dapat berlangsung dengan tertib, tetap aman, kondusif dan bisa khusuk dalam beribadah.

Saat pelaksanaan gelar Rakor lintas sektoral dihadiri oleh Kakan Kemenag kab. Beltim, Kepala Kesbangpol Kab. Beltim, Ketua MUI Kab. Beltim, Danramil Manggar, Ketua DMI Kab. Beltim, FKUB Kab. Beltim, Perwakilan Muhammadiyah Kab. Beltim, GP Ansor, dan Ketua BKM Sekecamatan Manggar. Rakor lintas sektoral tersebut atas izin Kapolres Beltim AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H di pimpin oleh Wakapolres Beltim Kompol Agus Handoko, SH.

Hasil yang di capai dari Rakor tersebut dapat terjalinnya silaturahmi dengan stakeholder terkait dan Rakor yang dilaksanakan menghasilkan kesepakatan, antara lain :
– Badan Kesejahteraan Mesjid (BKM) agar membentuk Panitia di masing-masing Mesjid dalam mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19 di yang bisa saja terjadi timbulnya klaster Mesjid dengan mematuhi prokes seperti menyediakan tempat cuci tangan, sabun, mengecek suhu tubuh jemaah ketika akan memasuki Mesjid dengan thermogun, mempersiapkan handsanitizer,

“Diharapakan BKM Mesjid dapat menyiapkan masker yang akan di berikan kepada jamaah, jika terdapat jemaah yang lupa atau tidak membawa masker,

Mengatur jarak sholat masing-masing jamaah dengan memberikan tanda silang agar di ketahui bahwa tanda tersebut tidak untuk ditempati dan sebagai jarak atau pembatas serta diharapkan bisa segera di sosialisasikan agar jamaah membawa sajadah masing-masing dari rumah saat sholat di Masjid.

Menghimbau kepada jamaah baik melalui pengeras suara pada saat kultum/khutbah maupun melalui tulisan-tulisan yang di tempel di dinding pengumuman Masjid agar jamaah tetap mematuhi protokol kesehatan selama pelaksanaan ibadah.

Menghimbau kepada masyarakat atau jamaah yang merasa kondisi tubuh kurang sehat/merasa sakit dengan agar BKM dan semua yang hadir dapat mengarahkan untuk melaksanakan ibadah di rumah saja sampai kondisi benar-benar pulih.

Wakapolres Beltim menyampaikan, agar semua yang hadir dalam Rakor lintas sektoral dapat segera mensosialisasikan hasil kesepakatan dan bisa untuk segera mengarahkan para BKM agar bisa memenuhi fasilitas protokol kesehatan yang diperlukan agar pelaksanaan ibadah di Mesjid bisa berlangsung khusuk dan tetap aman dari covid-19,” pungkas Wakapolres. (Beny)

 

 

Editor : Rdy

Loading