SMP 6 Borong Juara Lomba Menulis

Belitung Timur, Lensa Expose.com

SMP Negeri 6 Manggar memborong juara Lomba Karya Tulis Ilmiah ‘Profile Pelajar Pancasila’ tingkat SMP se-Kabupaten Belitung Timur. Dua kelompok utusan SMP Negeri 6 Manggar meraih Juara I dan II pada lomba yang diadakan oleh SMKS Handayani Manggar, 23 – 25 Februari 2021 lalu.

Kepala SMKS Handayani Manggar Dhita Rakaisamba mengatakan lomba ini baru pertama kali digelar, namun mendapat sambutan yang cukup baik dari SMP yang ada di Kabupaten Beltim. Dari target 14 SMP, 27 utusan ikut berpartisipasi lomba ini.

“Dengan adanya lomba ini tujuan kita mencari bibit-bibit siswa yang unggul terutama di bidang akademik. Kita ingin agar siswa SMP maupun SMA dan SMK dapat mengembangkan kemampuannya terutama dalam hal menulis,” kata Dhita usai pembagian hadiah di SMKS Handayani Manggar, Senin (8/3/21).

Lomba ini juga akan jadi event rutin tahunan SMKS Handayani. Tahun depan Dhita menyatakan lomba bukan hanya untuk tingkat SMP saja, namun juga bisa untuk SMA/SMK sederajat.

“Tahun depan kita persiapkan lebih matang lagi karena tahun ini terhalang COVID-19 pelaksanaannya terbatas. Namun penilaiannya bukan hanya dari karya tulisnya saja, tapi juga ada presentasinya,” ujar Dhita.

Ketua Dewan Juri Lomba Ares Faujian mengatakan dari sejumlah karya tulisan yang panitia terima, mayoritas peserta sudah baik dalam menuangkan karyanya. Hanya saja ada beberapa catatan dari dewan juri yang harus jadi perbaikan.

Seperti tata cara penulisan, kutipan-kutipan seharusnya mencantumkan sumbernya namun tidak ditulis. Daftar pustakanya juga tidak ada,” ungkap Ares.
Peraih Juara Nasional Guru Dedikatif dan Inovatif Tahun 2020 ini sangat mengapresiasi para pelajar yang sudah berani untuk menciptakan karya ilmiah dan mengeluarkan ide-idenya dalam lomba ini.

“Sangat baik sekali. Karena untuk asesment nasional itu ada namanya survey karakter, dari tema inilah meraka bisa tahu karakter-karakter yang diinginkan dan disesuaikan dengan penilaian,” jelas Ares.

Sementara itu Ketua DPRD Beltim Fezzi Uktolseja mengatakan adanya kegiatan lomba sangat baik untuk memupuk produktifitas dan kreatifitas siswa terutama saat masa pandemi ini.

“Ini membuktikan bahwa siswa-siswi kita sangat produktif. Jadi jangan sampai di tengah pandemi ini jadi alasan untuk tidak produktif,” kata Fezzi.

Fezzi yang turut hadir sebagai donatur sekaligus membagikan hadiah kepada pemenang, berharap ke depan akan lebih banyak lagi partisipasi sekolah ataupun peserta yang ikut.

“Harapan saya semoga kegiatan ini bisa diikuti oleh sekolah lainya dengan jumah yang banyak. Kalau ada kegiatan ini akan meningkatkan minta belajar dan menulis siswa-siswi kita,” pungkas Fezzi.

Juara Lomba Menulis Karya Ilmiah JuaraAsal Sekolah

I

II

III
Favorite
SMP N 6 Manggar
SMP N 6 Manggar
SMP N 1 Simpang Renggiang. (Tomy)

 

Editor : Rdy

 194 total views,  1 views today