Ikhwan Jadi Bupati Beltim, Ini Tugas Utamanya

Belitung Timur, Lensa Expose.com

Ikhwan Fahrozi menjabat sebagai Bupati Belitung Timur, Sekretaris Daerah Beltim itu resmi menjadi Pelaksana Harian (Plh) Bupati usai serah terima jabatan dengan Bupati Yuslih Ihza dan Wakil Bupati Burhanuddin di Ruang Rapat Bupati, Rabu (17/2/21).

Serah terima jabatan ditandai dengan penandatanganan berita acara dan penyerahan memoir, dari Bupati kepada Plh Bupati. Acara penandatanganan disaksikan oleh Wakil Bupati dan Forkopimda Kabupaten Beltim.

Ikhwan akan menjabat sebagai Plh Bupati hingga pelaksanaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Beltim terpilih. Dijadwalkan pelantikan akan berlangsung pada Kamis (25/2/21) atau Jum’at (26/2/21) mendatang.

“Tugas utama saya memang untuk mempersiapkan dan mensukseskan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Beltim terpilih. Kalau tidak 25 atau 26 Februari ini jadwal pelantikannya,” kata Ikhwan.

Rencananya, dalam waktu dekat Ikhwan akan segera membentuk panitia kecil untuk mempersiapkan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Beltim terpilih. Pelantikan direncanakan akan berlangsung di Auditorium Zahari MZ.

“Sampai hari ini kita masih menunggu petunjuk teknis pelaksanaan prosesi pelantikan. Dari petunjuk awal kita tidak akan melaksanakan ini (pelantikan) di ruang terbuka, rencananya di Auditorium. Pelantikannya virtual, tapi pastinya tunggu petunjuk dari Gubernur,” ungkap Ikhwan.

Selain mempersiapkan pelantikan, tugas Ikhwan sebagai Plh Bupati juga untuk menjaga agar tidak terjadi kekosongan kepemimpinan. Tugasnya meyakinkan masyarakat Beltim jika roda pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat tidak berhenti.

“Satu minggu ini saya menjamin kepada masyarakat bahwa pelayanan pemerintah daerah itu tidak berhenti atau tidak terganggu,” ujar Ikhwan.

Namun ditegaskannya wewenang yang dimilikinya sebagai Plh. Bupati sangatlah terbatas.

“Kewenangannya sangat terbatas. Hanya untuk masalah administratif dan rutinitas saja. Semoga bisa berjalan lancar,” harap Ikhwan.

Yuslih Sosok Pemimpin yang Disiplin dan Mengayomi
Selama lima tahun masa kepemimpinan bersama Bupati Beltim Yuslih Ihza, Wakil Bupati Beltim Burhanuddin menilai Yuslih Ihza merupakan seorang pemimpin yang memiliki tipikal sangat unik. Baginya, Yuslih adalah sosok orang tua yang sangat memahami dan pemimpin yang mampu memberikan kekuatan bagi orang yang dipimpinnya.

“Beliau adalah tipikal pemimpin yang mengayomi dan beliau sangat disiplin di dalam melaksanakan tugas pemerintahan. Itulah sosok Pak Yuslih sebagai seorang pribadi dalam memimpin daerah ini,” ungkap Aan sapaan Burhanuddin.

Aan pun menyatakan banyak anggapan keliru, terutama bagi orang luar, yang menganggap Bupati dan Wakil Bupati Beltim tidak sejalan. Terbukti hingga akhir masa jabatannya, Bupati dan Wakil Bupati Beltim tetap kompak dan bersatu seperti saat awal pencalonan.

“Mungkin di luar orang berpandangan bahwa saya dengan beliau tidak sepaham. Mungkin di luar, orang memandang kami dengan beraneka ragam pendapat. Tetapi beliau adalah sosok orang tua yang bisa memahami dan pemimpin yang bisa memberikan kekuatan bagi orang yang dipimpinnya, tinggal orang saja yang menafsirkan,” ujar Aan.

Bupati Beltim terpilih mengatakan ini sangat optimal dalam mendukung kinerja di masa kepemimpinan Yuslih-Aan, periode 2016 – 2021. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian dan kemajuan yang diperoleh di masa kepemimpinan mereka berdua.

“Terbukti dengan apa yang beliau capai sebagai kepala daerah, merupakan kerja keras kami, seluruh masyarakat, dan aparatur pemerintah. Ini adalah tanggung jawab moral kami sebagai pimpinan yang diberikan kepercayaan dari masyarakat,” kata Aan.

Di akhir masa pemimpinnya ini sebagai Wakil Bupati, Aan menyampaikan permohonan maaf bila kurang optimal di dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Namun sebagai Wabup sudah berupaya maksimal untuk mendukung kinerja Bupati dalam mencapai tujuan visi misi.

“Tentunya banyak kekurangan dan kelemahan di antara kami. Namun semua bisa kami selesaikan, terbukti hingga hari ini pun saya dengan beliau tetap kompak dan bersatu di dalam kami mempertanggung jawabkan apa yang harus kami jalankan sebagai pimpinan daerah di Kabupaten Beltim,” tukas Aan. (Tomy)

 

Editor : Rdy

 140 total views,  1 views today