Bupati Bogor Ade Yasin Bersama Kapolres Bogor Tinjau Posko Kesehatan Terpadu di Desa Curug

Kab. Bogor, Lensa Expose.com

Bupati Bogor Hj. Ade Yasin yang didampingi Kapolres AKBP Harun SIK.SH. beserta Dandim Letkol Sukur Hermanto, Kadis DPMD dan juga Kasatpol PP Agus Ridho meninjau Posko Kesehatan Terpadu sebagai Kampung Tangguh Nusantara Lembur Tohaga Lodaya di Perumahan Geria Cendekia Rt/Rw 04/06, Desa Curug kec. Gunung Sindur, Selasa (9/02/21).

Kedatangan Bupati Bogor Ade Yasin beserta rombongannya disambut hangat oleh Camat Gunung Sindur Yodie MS Ermaya, Kapolsek Gunung Sindur Kompol Darmawan SH., Danramil Gunung Sindur, Danramil Parung Rahmat Saleh, Ka UPT Kesehatan Gunung Sindur, Kades Curug H.Edi Mulyadi dan juga Karang Taruna serta lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Bogor Ade yasin, mengatakan bahwa Desa Tangguh adalah Program Nasional dalam rangka penanganan cegah tangkal dan upaya penyelamatan warga yang terpapar Covid-19.

“Karena penanganan harus selalu siap siaga, dan dukungan sarana logistik harus tersedia. Pemkab Bogor siap berpartisipasi,” kata Ade Yasin

Bupati Bogor juga minta kepada para Camat dan Ka UPT Puskesmas harus cepat tanggap terhadap penanganan COVID agar cegah tangkal dengan himbauan pada masyarakat agar taat Prokes 5M dan penerapan PPKM.

“Saya minta kepada para Camat dan ka UPT Puskesmas agar cepat tanggap kalo ada yang tertular agar segera ditangani secara maksimal. Termasuk para Kades, saya minta agar para RT/RW nya aktif dalam program Kampung Tangguh Cegah Tangkal Covid-19 ini. untuk menunjang progran Kampung Tangguh, saya akan menaikkan intensif bagi perangkat desa untuk peningkatan kinerja,” ujarnya.

Demikian juga yang di sampaikan Kapolres Bogor AKBP Harun SIK.SH. Kampung Tangguh Nusantara Lembur Tohaga Lodaya bisa berhasil dengan cara menimbulkan kembali sikap rasa gotong-royong di kampung-kampung dan sinergi kepedulian pada sesama.

“Contohnya apabila tetangga kita sakit ya kita jenguk kita lihat dan kita peduli bagaimana cara agar tetangga kita mungkin butuh bantuan dengan kesadaran tinggi kita hendaknya berpartisipasi aktip. Termasuk program Kampung Tangguh in, karena permasalahan COVID ini sudah menjadi tanggung jawab kita bersama,”

Dikatakannya Kapolres Bogor, ntuk cegah penyebaran Cobid-19, apabila tetangga tertular agar segera di isolasi secara mandiri, jangan sampai menyebar virusnya. Selain peduli wabah Covid, juga jaga lingkungan agar terhindar bencana alam dan cegah tindakan kriminalitas.

“Selama pandemi Covid yang sudah 1 tahun berlangsung, kita ambil hikmah dalam situasi Covid ini, jangan lengah jangan lemah sudah 1 tahun Lock down dan sekarang PPKM” ujarnya.

Kapolres juga menegaskan, dalam penerapan penegasan Oprasi Yustisi Covid-19 oleh aparat, warga jangan sampai salah pengertian atau antipati, tapi harus mendukung upaya-upaya di tingkat pusat dan daerah yang sudah berlangsung. Bahkan sekarang di tingkat Posko Covid Terpadu sampai ke tingkat RT/RW itu harus di dukung. Tegas Kapolres Bogor AKBP Harun SIK.SH.

Untuk mensukseskan program Posko Kampung Tangguh ini di setiap Desa, hal ini di tanggapi Kades Curug H.Edy Mulyadi mengatakan pada Media.

Bahwa giat kunjungan Bupati bersama Musfika dalam rangka pengecekan Posko Kesehatan dalam rangka penangan Covid-19 tahun 2021.

Berdasarkan Perbub atau instruksi bahwa setiap Desa harus mempunyai Posko Kesehatan, baik itu Posko levelnya Desa maupun level RW kemudian sampai ke level RT.

“Posko Kesehatan ini berlokasi di Rw 06 Perumahan Cendikia Desa Curug, dan ini juga menjadi tempat konsentrasi kampung tangguh lodaya kampung ramah lingkungan semua kita bergabung dengan satu tujuan bagaimana penanganan Covid ini secara maksimal,” ucap Kades Curug H.Edy Mulyadi, Selasa (9/02/21).

Adapun kriteria kampung tangguh ini salah satunya “kita punya beberapa segmen terutamanya kita mempunyai dapur umum kemudian ada juga pengembangan ekonomi dengan cara kita kembangkan dengan bank sampah kemudian penanaman tanaman tanaman yang bisa kita konsumsi dan kita jual” ujarnya.

Biaya giat dan sarana pendukung Posko Kesehatan Kampung Tangguh Lodaya dari swadaya masyarakat desa dan dari dana desa serta kolabirasi dari pihak-pihak kita dengan warga bersama menanggung secara gotong-royong peduli sesama warga” pungkas H. Edy Mulyadi Kades Curug. (Zul. H).

 

Editor : (Rdy)

 289 total views,  2 views today