Kamis, April 18, 2024
Daerah

Sekda Garut Terpilih Nurdin Yana Akan Segera Dilantik

GARUT, Lensa Expose.com

Tahapan seleksi Sekretaris Daerah(Sekda) sudah selesai dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut setelah mendapatkan persetujuan dari Wakil Ketua DPRD Kabupaten Garut,Wakil Bupati dan Pejabat(Pj) Sekda Garut ditunjuk sebagai Sekda baru yakni Nurdin Yana (Asisten Pemerintah Umum dan Kesra Setda Kab.Garut).

Hal itu di ungkapkan Bupati Garut, H. Rudy Gunawan saat memberikan sambutan dalam acara Forum Konsultasi Publik atas perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Garut Tahun 2019-2024 di Hotel Harmoni Jl. Cipanas Baru Kec.Tarogong Kaler Kab.Garut Kamis, (28/1/2021).

Bupati Garut,H.Rudy Gunawan, mengatakan, ia telah mengundang Ketua DPRD Kabupaten Garut,Wakil Bupati dan Pj Sekda mendengar dan bertanya. Senin sorenya diputuskan Sekda yang telah Ia ajukan, selanjutnya di konsultasikan kepada Gubernur.

“Insya Allah, Nurdin Yana Sekda kita yang akan dilantik pada hari Senin (1/2/2021) yang akan datang. Jadi, resmi suratnya sudah sampai di Pak Gubernur hari Selasa, saya tandatangani itu karena sudah rapat sorenya. Saya juga sudah mendengarkan dan saya tanya pak Wakil semuanya tidak ada yang berbeda pendapat. Dan tentunya yang punya kewenangan adalah saya secara absolut sebagai pembina kepegawaian daerah,” katanya.

Rudy melanjutkan, tahapan seleksi Sekretaris Daerah(Sekda) sudah selesai dilaksanakan Oleh Pemerintah Kabupaten Garut, bahkan sudah dilaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan tahap konsultasi dengan Gubernur Jawa Barat, tuturnya.

“Saya ingin sampaikan karena ini adalah forum yang cukup lengkap bahwa Seleksi Sekretaris Daerah sudah selesai dilaksanakan, kami juga sudah melaporkan ke KASN dan sekarang sudah tahap konsultasi dengan Gubernur,” ucapnya.

Rudy juga telah memilih satu Sekda yang akan di umumkan sekarang dan sudah  dikirimkan ke Pak Gubernur pada hari Selasa kemarin (26/1/2021).

Berdasarkan pasal 115 UU 5 tahun 2014 Bupati/Walikota sebelum mengangkat pejabat tinggi pratama untuk Sekretaris Daerah wajib di konsultasikan dulu pada Gubernur secara tertulis, paparnya.

Ia menuturkan, Sekda baru yang akan dilantik 1 Februari nanti menggatikan Pj Sekda Benny Bachtiar yang bertugas selama kurang lebih 1 bulan ini.

“Saya sudah sampaikan kepada Bapak Gubernur dan tentu karena Ketua Panselnya Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Prov. Jabar ini berjalan lancar dan diperkirakan Insya Allah hari Senin (1/2/2021) sudah mempunyai Sekretaris Daerah yang baru menggantikan Pak Benny Bachtiar Pj Sekda yang di drop dari Provinsi,” pungkasnya.

 

Penulis : Suwito/Dede Orenz

Editor   : Rudi

Loading