Pemkot Tanjungbalai Sudah Petakan dan Siapkan Solusi Tangani Banjir

Tanjungbalai, Lensa Expose.com

Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial didampingi Sekdakot Yusmada dan beberapa Kepala OPD meninjau langsung beberapa titik lokasi rawan banjir yang ada di Kecamatan Datuk Bandar dan Datuk Bandar Timur (Sabtu, 12/12/2020). Upaya ini dilakukan dalam rangka pemetaan titik rawan banjir dan mencari solusi langkah penanganan penyebab banjir yang hampir seminggu ini melanda dua kecamatan di Kota Tanjungbalai.

Penelusuran tersebut dimaksudkan untuk mencari solusi penanganan banjir di Wilayah Kecamatan Datuk Bandar dan Datuk Bandar Timur, “Kita tadi sudah melihat beberapa lokasi sungai diantaranya sungai bandar sultan, sungai di daerah jalan MT. Haryono, Datuk Bandar Timur dan beberapa sungai lainnya di wilayah Kecamatan Datuk Bandar dan Datuk Bandar Timur, hal ini disebabkan oleh kondisi saluran air yang kurang baik akibat dari kepadatan tingkat hunian warga di wilayah tersebut ditambah lagi kondisi sungai semak oleh pepohonan, sungai yang dangkal dan menyempit juga menjadi penyebab tersumbatnya air yang mengalir sehingga menyebabkan lambatnya air surut, kalau kondisi yang kita lihat tidak seperti ini, kita yakin debit air yang saat ini menggenangi rumah warga akan berangsur-angsur surut,” sebut Wali Kota H.M Syahrial.

Dari penelusuran hari ini, kita segera lakukan pemetaan dan secepatnya akan melakukan langkah-langkah strategis. “Ini harus disegerakan supaya tidak terjadi genangan air kepermukiman warga, apalagi kita tau saat ini juga dalam musim penghujan, Jadi harus segera ditindaklanjuti,” katanya.

“Persoalan banjir yang terjadi saat ini juga menjadi momentum buat kita untuk saling bahu membahu, memberikan dukungan dan mencarikan solusinya, tidak saling menyalahkan. Kepada para warga saya yang saat ini terdampak banjir agar tetap semangat, tabah dan sabar, kami (Pemkot Tanjungbalai) tidak akan tinggal diam dan pastinya sebisa mungkin menyelesaikan masalah ini secepatnya. Pemkot Tanjungbalai juga telah menyiapkan bantuan makanan dan obat obatan kepada warga, semuanya sudah kita siapkan, Insyaallah semua berjalan dengan baik,” ujarnya.

“Pemkot Tanjungbalai juga terus berkordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera dan Pemerintah Kabupaten Asahan terutama dalam perbaikan tanggul yang rusak dan optimalisasi penanganan banjir di Kota Tanjungbalai,” tegas Wali Kota H.M Syahrial.

Berdasarkan pantauan dilapangan, saat ini banjir yang melanda dua kecamatan telah menggenangi beberapa bangunan perkantoran pemerintah diantaranya Kantor Camat Datuk Bandar Timur, Koramil 17 Datuk Bandar, Kantor Kelurahan, Sekolah dan ribuan rumah warga.

Penulis : Syahruddin Rao

 71 total views,  1 views today