Sabtu, April 20, 2024
Kesehatan

Sebelum Disuntik Vaksin Sinovac, AKBP Jojo Sutarjo Bersama Forkopimda Beltim Jalani Screening Rapid Antigen

Belitung Timur, Lensa Expose.com

Polres Belitung Timur – Hubungan masyarakat – Penyaringan atau Screening Covid-19 adalah langkah penting dalam mencegah penularan penyakit yang diakibatkan Virus Corona ini. Screening merupakan tindakan awal yang dilakukan petugas kesehatan terhadap pasien yang datang ke Rumah Sakit.

Tindakan ini menentukan langkah selanjutnya, apakah pasien harus segera dirujuk ke rumah sakit khusus rujukan Covid-19, perlu menjalani tes permulaan, atau bisa diperiksa secara umum sesuai dengan keluhan.

Screening Covid-19 dilakukan oleh petugas medis yang berkompeten sesuai dengan pedoman Protokol penanganan Covid-19 yang diterbitkan Kementerian Kesehatan. Screening bisa dilakukan di fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti puskesmas hingga rumah sakit. Prosedur ini penting demi keamanan pasien itu sendiri serta orang lain yang berada di sekitarnya, termasuk petugas medis yang menangani.

Vaksin sinovac yang diperuntukkan untuk Covid-19 telah tiba di Kabupaten Belitung Timur pada Selasa, 26 Januari 2021, sekira pukul 16.00 Wib yang bertolak dari Bandara Internasional Depati Amir Pangkal Pinang.

Vaksin sinovac yang didistribusikan menggunakan Jalur Udara dengan Pesawat Kargo Onbord Bagasi Vaksin senopac. Menggunakan Pesawat Sriwijaya dengan nomor penerbangan Flight : SJ-055, Rute : PGK-TJQ dengan jumlah CoronaVac sebanyak : 2.200 dosis, Alcohol Swabs  : 4.400 pcs, Auto Disable Syringe (ADS 0,5 ml) / Spuit 0.5 cc : 2.320 pcs, Safety box 5 L : 22 pcs.

Vaksin tersebut yang saat ini di amankan di Gedung Farmasi Dinas Kesehatan Kab. Beltim dengan pengawalan ketat personil gabungan dari TNI, Brimob dan Satuan Sabhara Polres Beltim.

Rencana akan disebar ke-7 (Tujuh) Puskesmas, penyuntikan Vaksin yang semula dijadwalkan akan di mulai pada Selasa, tanggal 2 Febuari 2021, namun dipercepat pada hari Jumat tanggal 29 Januari 2021. Penyuntikan Vaksin Sinovac untuk pertama kali di Kab. Beltim akan dilaksanakan kepada 10 orang pejabat jajaran Forkopimda yang ada di Kabupaten Belitung Timur dan kepada 1151 Tenaga Kesehatan di Belitung Timur.

Hari ini Vaksin Sinovac didistribusikan ke RSUD Kab. Beltim sebanyak 120 Vaksin tempat dimana akan dilaksanakan kegiatan penyuntikan vaksin pertama kali besok. Hari ini Kapolres Beltim AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H dan 9 orang pejabat lainnya dilakukan screening awal untuk mengetahui apakah tahap pertama besok, yang akan dilakukan suntik vaksin memenuhi syarat layak dan sesuai dengan standar kesehatan.

Adapun yang akan di suntik Vaksin Sinovac pertama ada 10 (Sepuluh) orang yakni, Wakil Bupatai Beltim Burhanudin, Ketua DPRD kab. Belitim Fezzi Uktolseja, Sekda Beltim Ikhwan Fahrozi, Danramil Manggar Mayor Djoko Lelono, Kapolres Beltim AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H, Kepala Kejari Beltim Abdur Kadir, SH, M.H, Kepala Dinkes kab. Beltim Muhamad Yulhaidir, Direktur RSUD Manggar kab. Beltim dr. Vonny Primasari, Managam Pasaribu dan Kepala KUA kab. Beltim Eko Cahyo Heppy Suliostio.

 

Penulis : Tomy

Editor : Rudi H

Loading