Kamis, April 25, 2024
Daerah

Pemdes Sukawangi Realisasikan Dana Desa Untuk Infrastruktur

Bogor, Lensa Expose.com

Pemerintahan Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor, gencarkan pembangunan Jalan Desa yang beraumer dari Dana Desa (DD) maupun yang berasal dari Alokasi Dana Desa (ADD) dan anggaran Bantuan Provinsi (Banprov).

Pantauan media Lensa Expose.com di lokasi tersebut  akses Jalan Desa hampir seluruhnya telah dicor dengan rabat beton. Saat media ini menyambangi kawasan Desa Sukawangi, terlihat warga dan Aparatur Desa sedang melaksanakan kegiatan pengerasan jalan di salah satu Jalan Desa, tepatnya di Kampung Ganda RT/RW 02/02.

Bah Pancir, warga setempat saat dijumpai di lokasi kegiatan menuturkan, dirinya mengapresiasi Pemdes yang telah menerapkan pembangunan sesuai harapan masyarakat.

“Saya bangga Pemdes bersama warga bersinergi dalam membangun desa,” ucap Bah Pancir di lokasi pembangunan.

Pancir mengungkapkan, pelaksanaan pembangunan di desanya sedang pesat digelar oleh pemdes. Dirinya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah terutama pada Pemdes yang telah mengecor jalan.  Sehingga, kini masyarakat merasa nyaman dalam beraktifitas sehari-harinya, tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa PJS, Edi Rahman, saat ditemui di tempat Kegiatan pengecoran Selasa, (26 01/21) mengatakan, bahwa seluruh pelaksanaan pembangunan yang tercantum dalam APBDes selama satu tahun telah rampung digelar. Dan untuk DD di alokasikan untuk memperbaiki jalan di wilayahnya.

“Anggaran Dana Desa untuk pengecoran jalan sudah di realisasikan dengan panjang 570.m dan lebar 2,5m.
Pengecoran ini, imbuhnya, merupakan skala prioritas dalam rencana pembangunan dan hal ini sesuai dalam APBDes. Lokasinya terletak di Kp. Ganda RT/RW 02/02 yang merupakan akses jalan padat penduduk. Sedangkan untuk pengecoran di gang berikutnya yang belum tersentuh rabat beton akan dikerjakan insya Allah akhir tahun 2021, depan setelah terlebih dahulu pihaknya bersama warga melaksanakan musrembang APBDes,” terangnya.

Pekerjaan ini, menurutnya, melibatkan warga dikerjakan secara swakelola padat karya dan mudah-mudahan bermanfaat bagi warga dalam melakukan aktifitas dan transaksi perekonomian sehingga akan berimbas meningkatnya kesejahteraan masyarakat, harapnya.

Sementara sekdes Ujang, menambahkan, anggaran Dana Desa sangat bermanfaat sekali untuk kepentingan masyarakat, pasalnya dalam anggaran tersebut disamping prioritas untuk membangun infrastruktur, juga ada alokasi untuk pemberdayaan masyarakat termasuk di dalamnya ada bumdes dan ini akan berdampak positip dalam menaikan IPM. Sehingga, diharapkan Desa ini akan menjadi Desa yang maju dan mandiri, pungkasnya.

 

Penulis : Irgi Yostisio

Editor : Rudi H

Loading