Sabtu, Juni 15, 2024
Peristiwa

Akibat Hujan Deras, Rumah Warga di Kampung Cimanganten Desa Bantarkaret Tertimpa Longsor

Kab. Bogor, Lensa Expose.com

Akibat intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan tebing pesawahan di Kampung Cimanganten RT 01/11 Desa Bantarkaret, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor. Mengalami longsor yang menyebabkan 1 dapur rumah dan kolam ikan milik warga atas nama Eman rata dengan metrial longsor.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya terjadi keruksakan sebagian rumah dan juga kolam ikan milik warga atas nama Eman,”

Kata Staf Desa Bantarkaret, Cemong saat dihubungi lewat pesan Whatsapp senin (30/11/20).

Dikataknnya bahwa kejadian tersebut terjadi pada senin malam 30/11/20 sekira pukul 03.00 WIB dini hari tadi. Ia mengatakan bahwa terjadinya longsor akibat struktur tanah yang labil.”Tipe tanahnya sejenis tup/teras sehingga sangat mudah terjadi longsor ketika terguyur hujan yang lama dan lebat,” Lanjutnya.

Hanya kerugian metrial saja tidak ada korban jiwa, kami sebagai Pemerintahan Desa setelah mengetahui terjadi bencana tersebut langsung terjun kelokasi membantu evakuasi dan juga turut serta membersihkan bekas-bekas longsoran bersama masyarakat setempat.

“Mengingat, sekarang musim penghujan kami sebagai Pemerintah Desa beserta Babinkabtibmas, Baninsa dan juga unsur kecamatan hampir setiap hari digrup juga memberikan himbawan untuk selalu bersiaga. Apa lagi ketika hujan lebat dan angin kencang Pemerintahan Desa selalu memberikan himbawauan untuk selalu siaga dan berhati-hati terutama bagi kampung-kampung yang rawan longsor”. Tuturnya

Untuk selanjutnya, tindak lanjut dari Pemerintahan Desa tentunya mendata semua kerugian dan melaporkan kejadian bencana tersebut kepada intansi-intansi terkait.

Selain itu juga, Karang Taruna (Katar) Desa Bantarkaret yang diketuai oleh H. Muhamad Edi, anggotanya ikut serta membantu evakuasi rumah warga yang terkena longsor.

“Sampai berita ini diterbitkan, kejadian longsor tersebut sudah diketahui oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor.” Tukasnya.

Penulis : Rudy

Loading