Jumat, Maret 29, 2024
Daerah

DPRD Kab. Garut Rapat Penandatanganan Persetujuan Pembentukan DOB Garut Utara

Garut,Lensa Expose.com

Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Garut masa sidang III Tahun 2020 di gelar dalam rangka pembahasan pembentukan daerah persiapan Kabupaten Garut Utara (Gatra) dengan acara Penandatanganan Persetujuan Bersama bertempat di ruang sidang Paripurna DPRD Garut Jalan Patriot No 2 Tarogong Kidul Kabupaten Garut Jawa-Barat, Kamis (1/10/20).

Rapat Paripurna dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Garut, jajaran DPRD Kabupaten Garut dan Perwakilan Paguyuban Masyarakat Garut Utara (PM GATRA) .

Untuk Cakupan wilayah daerah persiapan Kabupaten Garut Utara terdiri dari 116 Desa dengan 11 Kecamatan yakni,Limbangan,Selaawi Kadungora,Leles,Leuwigoong,Cibiuk,Kersamanah,Malangbong,Cibatu,Sukawening dan Karang Tengah , Lokasi Ibukota daerah persiapan Kabupaten Garut Utara nantinya akan berada di Kecamatan Cibiuk .

Bupati Garut,H.Rudy Gunawan,SH,MH MP dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menyetujui pembentukan Kabupaten Garut Utara atas segala yang telah dilakukan oleh Tokoh- tokoh masyarakat dalam terbentuknya Kabupaten baru,

“Kabupaten Garut Utara secara politis memenuhi persyaratan untuk menjadi Kabupaten baru di wilayah Kabupaten Garut , Pembentukan Kabupaten Baru ini semata-mata dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Garut Utara, ” ujarnya.

Lebih lanjut, Rudy Gunawan memaparkan bahwa Pemkab Garut sebagai Kabupaten Induk akan memberikan dukungan dana.

“Pemberian ini dalam rangka menyelenggarakan Pemerintah Daerah persiapan Kabupaten Garut Utara minimal 15 Milyar rupiah per tahun untuk jangka waktu tiga tahun berturut-turut sejak peresmian, ” paparnya.

Pemkab Garut selain memberikan dukungan dana juga akan memberikan bantuan lainnya.

“Sebanyak 2885 PNS akan diserahkan untuk bertugas di wilayah calon daerah persiapan dan memberikan sarana prasarana berupa aset pemerintahan serta Dokumen rekapitulasi keputusan BPD dan berita acara cakupan wilayah ,” pungkasnya.

Penulis : Suwito/Dede Orenz

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *