Jumat, April 26, 2024
Peristiwa

Nilai Historis Idul Qurban Mengasah Kepekaan Sosial

Kab. Bogor, Lensa Expose.com

Yayasan Pondok Pesantren Al-Mukhlishin yang berdomisili di Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang mengasuh, membina, mengajar dan mendidik anak-anak yatim piatu dan sejumlah para santri non yatim, setiap tahunnya selalu mendapat kepercayaan dari masyarakat untuk menyelenggarakan ibadah penyembelihan hewan qurban.

Sesaat setelah melaksanakan shalat Idul Adha  di halaman  Masjid Jami Pondok Pesantren Al-Mukhlishin, ketua umum Yayasan Pondok Pesantren Al Mukhlishin, Ir. Iin Indra Ningsih Abidin  secara simbolis menyerahkan sapi atas nama hewan qurban Joko Mulyono bin Harsono kepada Ketua Panitia Drs. H. Hamdi, M.Pd.I., Jum’at (31/07/2020)

Ia menyampaikan, Ibadah Qurban mempunyai makna yang sangat dalam, selain untuk taqorub (mendekatkan diri) yang didasari atas semangat taqwa atau berserah diri kepada Allah SWT dengan rasa rendah hati, dan  ingat kepada Allah SWT baik dikala suka maupun duka. Kita tetap  mensyukuri nikmat Allah SWT yang tak terhitung jumlah anugerahNya, jelasnya.

Lebih lanjut disampaikannya hari raya Idul Adha dijadikan sebagai momentum untuk melatih keikhlasan dalam meraih ridho Allah SWT dan mengasah kepedulian sosial untuk berbagi dengan sesama muslimin, terangnya.

Dalam kisah Nabi Ibrahim AS mengajarkan kepada kita, bahwa berqurban tidak hanya berarti penyerahan diri kepada Allah SWT. Tetapi juga perjuangan untuk penguatan terhadap Ukhuwah Islamiyah. Demikian juga Nabi Ismail AS mengajarkan kepada kita semua, bahwa berqurban tidak hanya berarti patuh kepada orangtua, tetapi juga penguatan keimanan dan ridho terhadap kehendak Allah SWT.

“Dengan semangat berqurban, marilah berserah diri kepada Allah SWT, patuh taati dan sayangi orang tua kita. Tingkatkan iman, tuntut terus ilmu pengetahuan agama, dan lanjutkan perjuangan untuk memperkuat Ukhuwah Islamiyah, himbaunya.

Oleh karena itu, penyembelihan hewan qurban, selain mengajarkan kita kerelaan berkorban harta dan membinasakan sifat kebinatangan juga mengandung nilai historis, pendidikan keluarga, dan spritualitas seorang hamba kepada Tuhan, sambung Ir. Iin Indra Ningsih Abdin Kepala Pondok Pesantren Al-Mukhlishin.

Ketua panita pelaksana, Drs. H. Hamdi, M.Pd.I menyampaikan terima kasih atas kepercayaan para dermawan dan bersyukur kepada Allah SWT, walaupun saat ini semua umat Islam  diberbagai negeri di uji kesabaran dengan wabah penyakit Covid-19 dan  suasana  perekonomian kita pun  saat ini dirasakan kurang menggembirakan. Namun berkat do’a kita semua dan stimulus Idul Qurban dapat menggugah kesadaran kaum muslimin, ungkapnya.

Yayasan pondok pesantren Al Mukhlishin mengucapkan terima kasih dan perhatian yang besar,  antara lain kepada bapak Joko Mulyono bin Harsono,  Dr. Ir. H. Akbar Tanjung,  dr. Ariyani Sudharmono, SpKK (K),  Tantyo AP Sudharmono, MBA,. MSC,   Ir. Iin Indraningsih Abidin untuk Almarhum  Dr. H. Djaenuri Zaenal Abidin, MM, Ir Ahmad Rulantova, Amelia  Khaeriah Ikhwanuddin  untuk Almarhum  Ikhwanuddin SH, Pupu Asaari, Dr. H. Ahmad Baidhowi, MA,  Noor Salim,  Lela Salim untuk Almarhumah Fetum Binti Salim, Ida Rosidah S.PdI binti Dudung Pramulyna,  Yayuk Syarifah, S.Pd.I binti H. Husnan, Umniah, S.Pd.I  binti H. Syafi’i bin Martamin, Hj. Fifi Syarifah  untuk Almarhum H. Ikhlas bin H. Mochamad Firman Gani, Anandita Fajriah Parawitha Binti Indra Setia Rithma yang telah menyerahkan pelaksanaan penyembelihan hewan qurbannya di Pondok Pesantren Al Mukhlishin. Tahun ini hewan-hewan qurban yang diterima oleh Panitia Pelaksana Qur’ban Pondok Pesantren Al Mukhlishin sebanyak 1 ekor sapi dan 23 ekor kambing.

Semoga hewan-hewan qurban yang merupakan amal ibadah Bapak-bapak/Ibu-ibu sekeluarga itu diterima dan mendapatkan limpahan pahala yang berlipat ganda serta diberikan rezeki berlimpah penuh keberkahan, selalu dimudahkan dalam  segala urusannya dengan  berkah selamat  dalam perlindungan Allah SWT dan semoga  Allah SWT mengangkat wabah penyakit pandemi dibersihkan di muka bumi ini. Amin Ya Robbal Alamin, ujar Ketua Panitia dengan penuh harap.

Kami segenap keluarga besar Yayasan Yatim Piatu/Pondok Pesantren Al Mukhlishin Ciseeng menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H  dan mengucapkan Mohon Maaf Lahir Bathin.

Penulis : Nanang Isom

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *