Jumat, April 19, 2024
Peristiwa

Polres Belitung Timur Gelar Qurban 8 Ekor Sapi Dan 6 Ekor Kambing, 1,1 Ton Daging Qurban Didistribusikan

Beltim, Lensa Expose.com

Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban Polres Belitung Timur yang digelar di Samping Masjid Polres Beltim (Sabtu, 01/8/2020) dihadiri oleh Kapolres Belitung Timur AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H Wakapolres Beltim Kompol Bambang Malaisiantoro, Depag Beltim yang diwakili oleh Ustad Drs. Salim, PJU Polres Beltim dan Kapolsek jajaran, personel Polres Beltim serta Ketua Cabang Bhayangkari Beltim Ny. Rismy Jojo dan Pengurus. Acara pembukaan penyembelihan hewan qurban yang di mulai pukul 08.00 Wib berlangsung khidmat dan tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan.

Pada saat menyampaikan kata sambutan, Kapolres Beltim mengatakan Idul Adha 1441 H tahun ini ditengah pandemi Covid-19, yang bertemakan “Idul Adha menanamkan nilai-nilai pengorbanan dan keikhlasan pengabdian Insan Bhayangkara yang bertaqwa”. Kita dapat memaknai bersama bahwa hari raya qurban adalah sebuah hari dimana kita memperingati peristiwa penyembelihan Nabi Ismail AS. putra dari Nabi Ibrahim AS., dalam rangka menguji sampai dimana ukuran ketaqwaan Nabi Ibrahim AS kepada Allah. Atas kehendak dan kekuasaan Allah SWT anaknya Ismail AS digantikan dengan seekor qibas yang dibawa malaikat dari syurga, ungkap Kapolres.

Dari kisah tersebut kita dapat mengambil sebuah hikmah yang baik, bahwa setiap manusia hendaklah rela berkorban, baik dengan harta bendanya, jiwa raganya bila diperlukan, baik untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara, dan khususnya bagi agama. Dalam implementasi kita sebagai anggota Polri dan sebagai pelayanan masyarakat apakah kita sudah mengukur kadar rasa pengorbanan pada diri kita, apakah kita sudah siap berkorban jika ada orang yang memerlukan pertolongan kita, apakah kita sudah siap untuk berkorban apabila bangsa kita membutuhkan dan apakah kita sudah siap untuk kehilangan harta dan tenaga apabila agama kita membutuhkan ? Tentu jawaban tersebut hanya terletak dalam hati kita masing-masing, lanjut Kapolres.

Dengan melakukan qurban ini, kita mencoba untuk berbagi dengan saudara-saudara kita. Semangat ber qurban inilah kita mampu untuk mengedepankan orang lain dari pada diri kita. Hari raya Idul Adha tahun ini kita rayakan dimasa pandemi Covid-19, maka saya berharap kepada para panitia pemotongan hewan qurban kiranya dapat menyelenggarakan sesuai panduan SE Menteri Agama RI 18/2020 dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat demi keselamatan kita bersama. Mudah-mudahan kita mampu membangun kesadaran masyarakat dalam mengambil nilai ber qurban terlebih dalam menyikapi situasi sekarang, banyak masyarakat kita yang serba kekurangan akibat dampak pandemi Covid-19, pungkas Kapolres.

Penyembelihan hewan qurban yang dilakukan oleh Ustad Drs. Salim dibantu oleh tenaga ahli Petugas pemotong hewan qurban dari warga Madura pemotong sapi Manggar. Hewan yang disembelih untuk qurban sebanyak 8 ekor sapi dan 6 ekor kambing. Dari hasil penyembelihan menghasilkan daging sebanyak kurang lebih 1,1 Ton. Panitia khusus yang menyiapkan paket hewan qurban dengan masing-masing paket daging berat timbangan 1 kg dilaksanakan oleh personel Satuan Polisi Air dan Udara (Sat Pol Airud) Polres Beltim yang di pimpin langsung oleh Kasat Polairud Iptu Suroso. Dengan pengawasan dan aturan ketat, Iptu Suroso tidak mengizinkan orang lain yang tidak mempunyai kepentingan untuk masuk ke areal penyembelihan hewan qurban dan areal yang digunakan panitia untuk mempersiapkan paket daging hewan qurban.

Pendistribusian paket daging tersebut untuk ke masyarakat dilaksanakan melalui Polsek jajaran (Polsek Manggar, Polsek Gantung, Polsek Kelapa Kampit dan Polsek Dendang), dan yang menerima sudah sesuai dengan pendataan terlebih dahulu. Untuk pendistribusian tersebut, Polres Beltim mengutamakan untuk masyarakat yang dekat dengan area Polres seperti Dusun Menggarawan dan Desa Padang. Selain ke masyarakat yang terdampak Covid-19, Polres Beltim juga

mendistribusikan paket daging kepada Pesantren Daarul Himmah Manggar, Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Gantung, Purnawirawan Polri dan Warakauri serta rekan media massa baik cetak maupun on line di Belitung Timur yang dinilai telah berkontribusi memberikan informasi yang akurat dan sesuai fakta.

Penulis : Tomy

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *