Kamis, Maret 28, 2024
Sosial & Budaya

Penyaluran Bantuan  Pangan Non Tunai  di Kecamatan Babakan Madang Tepat Waktu dan Tepat Sasaran

Kab. Bogor, Lensa Expose.com

Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)  Di Kecamatan Babakan Madang kabupaten Bogor, terdapat 2.512 KPM Reguler Dan 1.416 KPM Perluasan MANDIRI Penerima Manfaat (KPM).\

Ketika ditemui Media ini, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) H.Muhamad Ali.Lc.Spd.I mengungkapkan, penyaluran BPNT berjalan dengan lancar. Ia menambahkan sejauh ini, koordinasi dengan semua stakeholder baik itu Tim Koordinasi Tingkat Kabupaten, Tim Koordinasi tingkat Kecamatan, Bank Penyalur Bank BNI Maupun Bank MANDIRI dan Agen BPNT, yang menyalurkan Program BPNT terjalin dengan baik.

“Setiap penyaluran kita selalu turun ke lapangan, (BPNT) Bantuan Pangan Non Tunai  sesuai arahan dari Kemensos dan Dinsos Kabupaten Bogor. Agen BPNT yang tidak mengikuti arahan dan aturan dalam Pedum, akan diberi sanksi tegas sesuai dengan komitmen yang telah disepakati bersama bank penyalur,” jelasnya.

Ia menambahkan, sejauh ini, mengenai jumlah KPM yang menerima dana BPNT, berdasarkan data atau kuota yang diturunkan dari Pusdatin Kemensos. Jikapun ada perubahan, pemerintah desa melalui Dinas Sosial melakukan verifikasi dan validasi Basis Data Terpadu (BDT), melalui Aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Genertion (SIKS-NG).

Selanjutnya hasil validasi itu, oleh operator di tiap-tiap desa dengan didampingi TKSK, untuk diteruskan oleh operator di tingkat kabupaten, dalam hal ini Dinas Sosial ke Pusat Data Informasi Kementerian Sosial.

“Tapi tetap meski dari kita ada penambahan data, yang menurunkan datanya dari Pusdatin, mereka yang menilai layak atau tidaknya seseorang mendapatkan program tersebut,” jelasnya.

Seperti diketahui, setiap tanggal 10 setiap bulannya KPM, akan menerima bantuan BPNT sebesar Rp 200.000,- untuk dibelikan atau ditransaksikan dengan pangan berupa beras dan atau telur, melalui E-Warong/Agen BPNT yang ditunjuk melalui Bank Himbara penyalur BPNT dalam hal ini adalah agen BPNT Bank BNI Ataupun Perluasan MANDIRI.

Ia menambahkan, bantuan tersebut tidak dapat diambil secara tunai, dan hanya dapat ditukarkan dengan beras dan atau telur, sesuai kebutuhan KPM di E-Waroeng atau Agen BNI dan MANDIRI, yang telah ditunjuk di wilayah desa. “Warga penerima kartu bisa memilih sesuai kebutuhan, mau berasnya berapa atau telornya berapa, sesuai saldo yang dimiliki” ujarnya.

H.Muhamad Ali melanjutkan program BPNT sendiri, bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan. Selain itu, program ini diharapkan dapat memberikan nutrisi, yang lebih seimbang kepada KPM dan meningkatkan ketepatan sasaran dan waktu penerimaan.

Yang perlu diketahui masyarakat juga kata Budi, kartu Combo diberikan sebagai identitas KPM, dan berfungsi sebagai uang elektronik dan tabungan. Sehingga, pada saat pengambilan bantuan sosial perlu dibawa oleh KPM,

“Kartu Combo menyimpan besaran nilai manfaat bantuan pangan yang diberikan. Jadi jika tidak digunakan atau dicairkan pada bulan berjalan,, dana bantuan tidak akan hilang. Dana tersebut akan terakumulasi,” jelasnya.

Penulis : Irgi Y

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *