Desa Air Batu Buding Salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa

Belitung, Lensa Expose.com

Dampak dari covid-19 yang sampai saat ini masih terasa ditengah masyarakat,hal ini juga dialami oleh warga Desa Air Batu Buding kec.Badau Kab.Belitung, dimana warga desa tersebut pada beberapa minggu yang lalu telah menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap pertama (April 2020) namun dibagikan pada bulan Mei 2020 selama 3 bulan sampai bulan Juni. Dari 471 KK masyarakat Desa Air Batu Buding, hanya 80 KK yang diverifikasi dan berhak menerima BLT-DD sebesar Rp.600 ribu per bulan yang sudah memenuhi kriteria dan tepat sasaran.

Saat ditemui dikantornya,Kades Air Batu Buding Isnanto didampingi seorang perangkat desanya mengatakan, seminggu sebelum Musdesus (30/4/20) kami sudah mendata warga yang layak sebagai penerima BLT-DD dan kriterianya yang didata adalah warga yang kehilangan mata pencarian, penghasilan yang jauh menurun dari sebelumnya, yang mengalami riwayat penyakit kronis, lansia dan pekerja yang terdampak PHK. Namun sampai saat ini Alhamdulillah pekerja disini tidak ada yang di PHK, ujar kades.

Turut hadir untuk menyaksikan penyerahan BLT DD ini diantaranya, Camat Badau Sastra Yuni Ardi, S.STP, M.A.P, Kadis DPP KB PMD Kab.Belitung, Babinsa Desa Air Batu Buding, Bhabinkamtibmas, pendamping Desa, perangkat desa setempat serta warga penerima BLT-DD sebanyak 80 KK yang dimulai sekitar pukul 9.30 wib pagi.

Kades Isnanto juga mengatakan selain penyerahan BLT DD, juga telah merealisasikan BPNT dari Kemensos kepada warga yang berhak menerimanya sebanyak 69 KK dan sudah termasuk didalamnya PKH, sebut kades dan perangkatnya.

Selain warga yang menerima BLT DD, BPNT dan Bansos, ada juga warga kami yang dapat bantuan dari pihak ketiga sebagai bentuk kepedulian akibat dampak pandemi covid-19 dan mereka saling berbagi disaat situasi ekonomi masyarakat yang tidak menentu,ungkap Kades.

Bantuan pihak ketiga ini kata Kades berasal dari salah satu perusahaan yang berada diwilayah pemerintah Desa Air Batu Buding yaitu Bumi Hero Perkasa (BHP) berupa sembako 30 paket, Polsek Badau berupa sembako, Koperasi Sumber Rezeki desa Air Batu Buding berupa masker 1000 pcs untuk dibagikan ke masyarakat, PGRI Kec.Badau juga berupa sembako dimana saat itu saya sedang berada dikediaman yang menerima sembako dari PGRI Kec Badau, tutur Kades.

Sementara Pemerintah Desa Aik Rayak Kec.Tanjung Pandan juga telah menyalurkan Bansos Kabupaten kepada warga yang berjumlah 201 KK serta BPNT juga sudah terealisasi, ujar Rustam Kades Aik rayak.

Saya sebagai Kades Air Batu Buding menaruh harapan dan optimis bahwa wabah ini segera berakhir agar ekonomi kembali lancar dan Desa juga bisa membangun ,warga dapat kembali bekerja seperti biasa tanpa ada kekhawatiran lagi.

Diakhir konfirmasi Kades Isnanto menghimbau kepada seluruh warga desa Air Batu Buding agar selalu menjaga jarak, menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan, selalu pakai masker, hindari kerumunan, dan tetap menjaga serta melaksanakan protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran virus covid-19, ungkap Kades Isnanto.

Penulis : Sumahap

 143 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *