Kapolres Beltim Pinta Masyarakat Jangan Terlena, Tetap Terapkan Protokol Kesehatan Ketika Jalani New Normal

Beltim, Lensa Expose.com

Kapolres Belitung Timur AKBP Jojo Sutarjo mengatakan kita akan memasuki fase era new normal dalam menjalani kehidupan, meskipun kita semua tau bahwa kita semua saat ini masih ditengah-tengah pandemi Covid-19. Meski demikian, tahapan dalam mengantisipasi penyebaran covid-19 terus dan tetap dilakukan. Kapolres Beltim menegaskan kepada masyarakat harus tetap menjalankan protokol kesehatan sebagaimana yang sudah diatur oleh pemerintah.

“Beltim merupakan satu kesatuan dengan wilayah Belitung yang daerah berstatus transmisi lokal. Hal ini harus kita jaga bersama jangan bertambah lagi sampai kita menemukan vaksin untuk virus ini. Bagaimana caranya? Terapkan protokol kesehatan serta pola hidup bersih dan sehat mulai sekarang,” (kata Kapolres Beltim). (Rabu (27/5/2020).

Polres Beltim sendiri turut secara aktif mengedukasi masyarakat dengan mencontohkan setiap masyarakat yang datang ke Polres Beltim ingin melapor, membuat surat-surat atau hal lainnya harus diperiksa kesehatannya. Ia juga membekali anggotanya dengan APD seperti sarung tangan, masker, dan tameng sehingga tidak melakukan kontak fisik secara langsung. Kontak fisik memang kita hindari secara langsung, namun tidak mengurangi mutu pelayanan kita kepada masyarakat yang mempunyai keperluan di Polres Beltim, hal itu untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, jangan disalah artikan bahwa kita mencurigai masyarakat yang datang akan membawa virus tersebut, itu hanya antisipasi kita agar anggota yang bertugas bisa fokus dan tetap memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, (ujar Kapolres).

Selaku aparat Kepolisian, kami tentu tidak akan mungkin bisa lepas untuk terus berhubungan dengan masyarakat, tidak bisa pilah pilih untuk memberikan pelayanan dan bantuan, namun ditengah Covid-19 ini, kami juga harus waspada, antisipasi, namun tetap memberikan pelayanan seperti biasa, hanya saja tekhnis nya agak sedikit berbeda. Saya tidak mau ada anggota Polres Beltim dan jajaran yang terpapar, saya tekankan betul kepada anggota untuk mawas diri, perbanyak ilmu pengetahuan tentang bagaimana menerapkan¬† pola hidup sesuai dengan protokol kesehatan. Maka dari itu saya minta kesadaran dari semua masyarakat terkait Covid-19 mari kita harus saling menjaga. Tanamankan dalam diri masing-masing kita ingin segera terbebas dari situasi pandemi saat ini, dari hal terkecil mungkin bisa kita terapkan dengan menggunakan masker ketika diluar rumah apa lagi melakukan kotak dengan orang lain, tetap menjaga jarak antar sesama. Dengan menggunakan masker hal itu merupakan wujud kepedulian kita antar sesama. Kita pakai masker untuk melindungi diri kita sendiri dan orang lain. Masker ku melindungimu, masker mu melindungiku,” (lanjut Kapolres).

Kemudian, pihaknya juga akan mengoptimalkan Siskamling lagi di setiap desa agar membantu menjaga kamtibmas. Diharapkan nantinya siskamling berperan dalam memprotect terhadap pendatang atau orang tak dikenal di wilayah desa tersebut. Selain menjaga kampung masing-masing juga diberdayakan masyarakat untuk secara bersama menjaga wilayahnya agar tidak terpapar Covid-19.

Sudah saya perintahkan Kasat Binmas untuk menjalankan program tersebut agar masyarakat bisa merasa aman dan nyaman dalam beraktifitas new normal ini, (tegas Kapolres).

Ia juga berharap kepada semua elemen, mulai dari pemda, pemcam, hingga pemdes serta Koramil, Pos AL dan AU serta semua masyarakat agar bahu membahu menjaga kamtibmas di wilayah Belitung Timur ini. Ini bukan hanya tugas pemerintah atau aparat keamanan dan pihak kesehatan saja, namun situasi ini sudah menjadi kewajiban dan tugas kita semua, agar bagaimana rantai Covid-19 segera bisa kita putuskan. “Karena kalau dibebankan kepada satu orang saja tidak akan mampu. Mari berkolaborasi menciptakan kehidupan new normal yang mengedepankan etika kesehatan, new normal bukan berarti kita hidup tidak ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam situasi Covid-19 ini, namun protokol kesehatan harus tetap diterapkan secara sadar oleh masing-masing individu, (pungkas Kapolres). (sumber humas)

Penulis : Tomy

 97 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *