Kamis, April 25, 2024
Kesehatan

Pemkot Tanjungbalai Imbau Masyarakat Tetap Tenang Menghadapi Virus Corona

Tanjungbalai, Lensa Expose.com

Pemerintah Kota Tanjungbalai melalui Kalaksa BPBD Kota Tanjungbalai, Muhammad Ridwan Parinduri menyampaikan apa yang terjadi beberapa hari yang lalu di RSUD Dr. Tengku Mansyur sangat disayangkan. Dalam hal ini tentunya Pemkot Tanjungbalai berharap kedepan persoalan serupa tidak lagi terulang. Semua pihak harusnya bisa memahami dan menghormati serta menahan diri terkait mekanisme penanganan medis pertama, apa yang harus dilakukan terhadap Pasien walaupun saat ini masyarakat merasa ketakutan dengan virus Corona (COVID-19).

“Sekali lagi kami menghimbau masyarakat untuk tetap tenang, tidak perlu risau dan khawatir, khawatir itu boleh tapi tidak perlu terlalu berlebihan karena pada prinsipnya belum tentu orang yang panas tinggi disertai batuk sudah terjangkit virus corona”. Hal ini disampaikan Kalaksa BPBD menanggapi insiden yang terjadi di RSUD Tengku Mansyur (Kamis, 19/3/2020)

“Pemkot Tanjungbalai meminta masyarakat untuk tetap tidak panik tetapi waspada. Sebab pemerintah sudah mempersiapkan segala sarana yang dibutuhkan untuk penanganan kasus ini. Langkah langkah pencegahan virus Corona di Kota Tanjungbalai sudah dilakukan, hal ini sebelumnya sudah disampaikan oleh Bapak Wali Kota bersama Forkopimda saat Konferensi Pers di Kantor Wali Kota dihadapan para awak media,” jelasnya.

Perlu diketahui, Pasien yang mengalami Demam tinggi 38 derajat celsius belum bisa dikatakan terjangkit Virus Corona, orang tersebut akan diobservasi selama 7 (tujuh) hari itu yang dinamakan orang Dalam Pemantauan (ODP), namun jika orang tersebut tetap mengalami hal serupa barulah ditangani pihak Rumah sakit dan mengikuti tahap pemeriksaan Laboratorium. Jika hasilnya positif, pasien yang bersangkutan akan segera dirujuk ke RSUD yang dihunjuk Pemerintah Pusat. Kalau kita di Sumut, dirujuk ke RSUD Adam Malik, Medan, sebut M. Ridwan Parinduri

Kembali kami (Pemkot) mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik tetapi waspada. Sebab pemerintah sudah mempersiapkan segala sarana yang dibutuhkan untuk penanganan kasus ini. Dalam kasus Virus Corona saat yang terpenting adalah kita harus mengenali gejalanya seperti apa dan cara mencegahnya. “Lakukan pola hidup sehat, konsumsi makanan bergizi, jangan berpergian ketempat ramai dan mengurangi aktivitas diluar rumah, perbanyak ibadah karena Insya Allah kita terhindar dari wabah Virus Corona, harapnya.

Penulis : Syahruddin Rao

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *