Wali Kota Tanjungbalai Buka Musrenbang RKPD Kota Tanjungbalai Tahun 2021

Tanjungbalai, Lensa Expose.com

Pemerintah Kota Tanjungbalai melalui Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Kota Tanjung Balai menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tanjungbalai Tahun 2021 yang diselenggarakan di Aula Kantor Wali Kota Tanjungbalai (Kamis, 12/3/2020).

Acara di buka langsung Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial SH,MH didampingi Wakil Wali Kota Drs. H Ismail dan dihadiri OPD Pemprovsu dari Bappeda Sumut, serta Forkopimda Tanjungbalai, Para Asisten, Kepala OPD, Camat, Lurah, tokoh Agama, tokoh adat, tokoh pemuda, Instansi Vertikal, BUMN, BUMD dan para Insan Pers.

Dalam Laporannya, Kepala Bappeda Tanjungbalai, Ahmad Solihin mengatakan, dasarkan undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, sehingga pemerintah daerah wajib menyusun RKPD yang merupakan penjabaran dari RJPMD untuk jangka waktu 1 tahun yang memuat rancangan kerangka ekonomi daerah.

“Prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja dan pendanaan yang disusun dengan berpedoman kepada rencana kerja pemerintah (RKP) dan program pemerintah nasional yang diterapkan oleh pemerintah pusat serta program prioritas Provinsi Sumatera Utara, jelasnya.

Lanjut Kepala Bappeda Ahmad Solihin lagi, RKPD secara normatif menjadi dasar penyusunan kebijakan umum APBD atau Aqua dan prioritas serta plafon anggaran sementara atau PPAS yang akan diusulkan oleh kepala daerah untuk disepakati bersama dengan DPRD sebagai landasan penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD)

Tema Musrenbang RKPD Kota Tanjungbalai 2021 ini yakni ” Penguatan kemandirian SDM untuk mendukung daya saing daerah di berbagai bidang “, dalam rangka mewujudkan kota Tanjung Balai yang berprestasi, religius Sejahtera indah dan harmonis.

Sementara itu, Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial dalam sambutannya mengatakan, Musrenbang RKPD kali ini dilaksanakan untuk membahas Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah daerah menjadi Rancangan Akhir Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kota Tanjungbalai untuk Tahun 2021. Apa yang menjadi program yang telah disusun nantinya dan menjadi pembahasan didalam forum ini diharapkan dapat meningkatkan program pembangunan di Kota yang kita cintai ini, sehingga hasilnya dapat dinikmati masyarakat Tanjungbalai, sebutnya.

Selain itu, Musrenbang RKPD ini juga dilaksanakan dengan tujuan untuk menyepakati permasalahan pembangunan daerah; menyepakati prioritas pembangunan daerah; menyepakati program, kegiatan, indikator dan target kinerja serta lokasi; penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi dan

Klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah Kota dengan program dan kegiatan Kelurahan yang diusulkan berdasarkan hasil musrenbang Kecamatan, papar Wali Kota.

Saya berharap, apa yang menjadi prioritas kita di tahun 2021, benar-benar tepat sasaran dan semuanya untuk kepentingan umum khususnya masyarakat Kota Tanjungbalai, tutup Wali Kota

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Syahrial Bhakti dalam sambutannya, menyambut baik pelaksanaan Musrenbang yang dilakukan saat ini, hal ini tentunya agar rencana pembangunan dapat berjalan baik dan tepat sasaran, sehingga Pemrovsu dapat mendengar dan menganggarkan apa yang dibutuhkan Pemkot Tanjungbalai.

Gubernur H Edy Rahmayadi dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Bappeda Provsu mengaku dengan adanya Musrenbang RKPD Tingkat Kota Tanjungbalai ini, hendaknya dapat dibawa ke Musrenbang tingkat Provsu nantinya, agar apa yang dibahas dan diajukan dapat tercapai sesuai sasaran, ujarnya.

Penulis : Syahruddin Rao

 245 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *