Cegah Wabah DBD, Pemdes Semplak Barat Kerjasama Dengan Puskesmas Kemang Lakukan Foging

Kab.Bogor, Lensa Expose.com

Pemerintah Desa Semplak Barat kec. Kemang kab. Bogor melakukan fogging di setiap sudut  rumah warga untuk pencegahan wabah maupun DBD (Demam Berdarah).

Fogging tersebut dilakukan oleh petugas puskesmas kec. Kemang yang di dampingi oleh kepala desa, BPD, ketua RT/RW, tokoh masyarakat, bhabinsa dan juga bhabinmas.

Fogging itu juga akan dilakukan selama 4 hari di wilayah yang berbeda-beda, fogging pertama di awali di hari ini Sabtu tgl 29 di RW 01, RW 02 kp. Caringin1 – kp Sempak kaum, hari minggu di RW 08, RW 03 perumahan green land-kp. Patambran, hari senin di RW 04, RW 07 kp. Patambran – kp. Lumbung dan hari selasa di RW 05 RW, RW 06 Kp. Kandang – Anyar.

Menurut kepala Desa (Kades) Semplak Barat, Abd. Rahman menjelaskan fogging itu bukan upaya untuk pencegahan penyakit DBD maupun yang lainnya, namun ini untuk lebih menyadarkan warga masyarakat Semplak Barat ini agar menjaga lingkungan dan pola hidup bersih, ucap kades di lokasi foging Sabtu 29 Februari 2020.

“yang terpenting adalah harus mejaga lingkungan dan pola hidup bersih serta melakukan 3m, menguras, menutup dan mengubur,” katanya.

Ia juga mengatakan, sebelum melakukan kegiatan fogging ini, pemdes bersama karang taruna dan komunitas bogor peduli telah melakukan gerakan peduli sampah, gotong-royong, senam bersama dan pengobatan secara gratis. Selain itu juga pemdes sudah melakukan program peduli sampah dan alhamdulilah sudah berjalan di beberapa RW, tuturnya.

Sementara Ketua RW 01  Suprasetiyo yang juga menyampaikan hal senada, bahwa dengan cara pengasapan atau fogging bukan cara yang ampuh, karena nyamuk di bogor ini sudah resistan dan bisa mati begitu aja.

Adanya warga yang terjangkit penyakit DBD, wabah itukan bisa saja terjadi di lingkungan maupun di tempat lain, karena kita belum bisa mengindikasikan adnya wabah disini. ” karena menurut saya belum ada informasi bahwa warga kita yang terjangkit DBD, jadi alangkah baiknya masyarakat dengan meedsid nya kalo pengasapan itu sudah maksimak ya kita lakukan. Tetapi saya tidak putus untuk sosialisasikan tentang 3m dan kebersihan lingkungan, “tukasnya.

Penulis : Rudy P

 516 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *