Pengukuhan Karang Taruna Saba Desa Kahuripan Kec.Ciseeng “Ngahiji Bari Ngabakti”

Kab.Bogor, Lensa Expose.com

Pendirian dan pengorganisasian Karang Taruna sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor : 83/HUK/2005 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna. Peningkatan peranan Karang Taruna sejak pertumbuhannya 26 september 1960 telah semakin nampak. Dimulai dengan kegiatan rekreatif dan pelatihan sampai saat ini telah mengarah ke kegiatan produktif serta kegiatan usaha kesejahteraan sosial lainnya.

Dirasakan wadah Karang Taruna merupakan pula sarana yang sangat efektif untuk kaum muda dimana saja, maka pada hari Minggu, 23 Februari 2020 Pemerintah Desa Kuripan Kec. Ciseeng menggelar pengukuhan dan pemberian SK kepada Ketua Pengurus Karang Taruna SABA DESA.

Hadir saat itu Kepala Desa Kuripan Siti Aswat Narulita bersama suami Pepen Apandi, Sekdes Ridho Ramadan, Staf Satibi, Awaludin, Babinsa Dwi Wahyono, Pengurus Karang Taruna Kec. Ciseeng (Ketua Sopian Hadi dkk), Ketua Karang Taruna Ds. Kuripan Yayah Komariah bersama pengurus lainnya, perwakilan Ormas BPPKB Ranting Ds. Kuripan, para Ketua Rt/Rw, Kadus, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, Ketua BPD Anang Diding, serta para undangan lainnya.

Pada Pukul. 09.00 acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan mars Kab. Bogor, disusul kata sambutan dari Kepala Desa Kuripan, Bunda Ita, begitu warga biasa memanggilnya.

Kata sambutan Kepala Desa Siti Aswat Narulita: “Saya sebagai kepala desa mencoba mengingatkan beberapa hal kepada seluruh pengurus Karang Taruna Saba Desa masa bakti 2020 – 2025, untuk saling support dengan pemerintah desa. Karena semua keberadaan desa menjadi tanggung jawab saya sebagai kepala desa, ketua Rt, ketua Rw, kadus, dan tokoh agama, tokoh pemuda, juga tokoh masyarakat.

Mungkin nanti Karang Taruna mempunyai program yang akan dilaksanakan untuk masyarakat. Bersinergi dengan pemerintah desa, pemerintah kecamatan dan pemerintah Kab. Bogor melalui Program Panca Karsa. Saya inginkan dengan dibentuknya Karang Taruna Saba Desa yang dilantik hari ini bisa bersinergi dengan berbagai lembaga dan dinas yang ada,”ungkapnya.

Ditempat yang sama Ketua Karang Taruna Kec. Ciseeng berkata dengan rasa gembira dihadapan di seluruh para hadirin yang memenuhi aula Ds. Kuripan: “Sangat luar biasa acara pelantikan dan pemberian SK untuk Ds. Kuripan ini. Seperti diketahui kalau Kepala Desa Kuripan adalah seorang wanita yakni Siti Aswat Narulita, dan sekarang Ketua Karang Taruna Saba Desa adalah Yaya Komariah, seorang wanita juga. Bagi saya ini adalah kesetaraan gender. Kaum wanita sekarang ini jangan dianggap remeh, sudah bisa disejajarkan dengan kaum laki-laki. Pada saat ini mungkin hanya Karang Taruna Saba Desa di Ds. Kuripan satu-satunya ketua seorang wanita,”ungkapnya.

Usai keduanya memberikan kata sambutan, maka Ketua Karang Taruna Saba Desa dilantik oleh Kepala Desa Siti Aswat Narulita, dan Yayat Komariah menandatngani SK tersebut.

Susunan Pengurus Karang Taruna Saba Desa Ds. Kuripan: Pembina: Kepala Desa, Majelis Pertimbangan Karang Taruna: Ust. Rahman, Maskur, Rudiman – Ketua: Yayah Komariah – Wakil Ketua 1: Arsani SH – Sekretaris: Cahyadi, Badrudin Soviyullah – Bendahara: Oke Setya Permata Dewi SH – Wakil Bendahara 1: A. Juhri – Bidang Bidang: Pendidikan Dan Pelatihan: Nia Fatmala, Zakiyah – Usaha Kesejahteraan Sosial: Ateng, Saroip – Kelompok Usaha Bersama: Rolis, Jamil – Kerohanian/Pembinaan Mental: Yusuf Maulana S.Pdi, Aminnullah – Olah Raga & Seni Budaya: Dzikrullah, Wawan – Pariwisata: Aldi Gunawan, Oktapiansyah, Riski – Humas Dan Kerjasama: Mustafa, Dedi Al Hadad, Ali – Lingkungan Hidup: Mansur, Dulmajid – Pemberdayaan Perempuan: Eti Suheti, Lisah.

Penulis : Rudy P

 651 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *