Alumni Al-Mukhlishin Berbagi Cerita, Menjalin Ukhuwah

Kab. Bogor, Lensa Expose.com

Alumni lintas angkatan Unit-unit Pendidikan Islam, SMP Islam, Madrasah Tsanawiyah, SMA Islam dan Madrasah Aliyah Al-Mukhlishin hadir mengikuti acara reuni amal Yayasan Yatim Piatu/Pondok Pesantren Al-Mukhlishin yang berdomisili di Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor Jawa Barat, Minggu (09/02/2020). Tidak kurang dari 500 alumnus datang dari berbagai daerah di Tanah Air, yang diselenggarakan di halaman utama SMA Islam Al-Mukhlishin.

Acara kegiatan reuni ini, bertujuan sebagai ajang silaturrahim, berbagi cerita, dan menjalin ukhuwah lintas angkatan seluruh alumni dari berbagai Unit-unit Pendidikan Islam Pondok Pesantren Al-Mukhlishin Ciseeng, sekaligus syukuran hari pernikahan yang ke-27 tahun Ketua Umum Yayasan,  Ir. Iin Indraningsih Abidin bersama Ir. Ahmad Rulantova L  Semoga senantiasa bersama, selalu sehat wal’afiat, berkah selamat dalam lindungan Allah SWT dan segala cita-citanya terwujud untuk melanjutkan amanah  memimpin Pondok Pesantren Al-Mukhlishin yang unggul di masa mendatang.  Ujar Ahmad Syaefu, SP.d selaku Ketua Panitia Reuni Amal..

Selain  temu kangen bernostalgia, dan melihat kembali rumah tempat belajar di masa sekolah, para alumni juga diajak  beramal ikhlas untuk berbagi menyantuni 65 anak yatim piatu Pondok Pesantren Al-Mukhlishin. Diakhir acara reuni amal sore hari ini, akan menyerahkan donasi dari para donatur alumnus lintas angkatan yang terhimpun dananya dari Panitia kepada Kepala Pondok Pesantren Al-Mukhlishin. Insya Allah, sambung ketua panitia.

Dengan tidak mengurangi rasa hormat, kepada dewan guru, asatidz wa asatidzah yang tidak disebutkan namanya satu persatu. Tetapi doa kami — para alumnus — Al-Mukhlishin setiap waktu selalu menyertainya. Terima kasih yang tak terhingga kepada Para Panitia Penyelenggara Reuni Amal yang telah menjembatani wadah silaturrahim antar alumni dengan pengurus pondok dan  dewan guru dapat bermuwajahah silaturrahmi di tempat tolabul ilmi, almamater yang  kita cintai. Al-hamdulillah berkat almukaram almarhum KH. Hata Rais, saya tahun 1991 tamat SMP Islam dan tahun 1994 menjadi Alumnus Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Mukhlishin. Kami semua hari ini menerima amanah status dalam pekerjaan masing-masing, karena telah diajarkan ilmu pengetahuan dan didikan akhlak para guru kita. Dalam kesempatan reuni amal ini, kami menyampaikan ucapan terima kasih dan ilmu yang diamalkannya semoga jadi amal zariah mereka. Pesan untuk adik-adik kita yang masih menuntut ilmu di sekolah Pondok Pesantren Al-Mukhlishin, hormatilah gurumu. Timbalah ilmu pengetahuan dengan sungguh-sungguh yang dihiasi dengan karakter mulia. Karena karakter itu penting sebagai tindakan santun yang didapatkan dari kebiasaan sehari-hari selama di Pondok Pesantren. Biasakan berprilaku baik dan bertutur kata yang sopan,  kelak akan menentukan karakter adik-adik sebagai santri. Ayo kita gelorakan bersama, Mondok itu keren. Mondok itu keren ! Ujar Yayat Suyatna, mengakhiri sambutannya atas nama perwakilan alumni. Langsung disambut lagu yang berjudul “menunggu kamu” dengan suara merdu Fitriani alumnus SMA Islam Al-Mukhlishin angkatan 92.

Ir. Iin Indraningsih Rulantova L, Ketua Umum Yayasan Al Mukhlishin memandang acara kegiatan reuni  yang diselenggarakan oleh panitia lintas alumni dari berbagai alumnus Unit-unit Pendidikan Islam Al-Mukhlishin yang bertempat di SMA Islam Pondok Pesantren Al Mukhlishin ini besar manfaatnya. Terutama menginspirasi bagi adik-adik kita semua yang sekarang sedang menuntut ilmu di Pondok Pesantren Al Mukhlishin juga bagi alumni dapat bersilaturrahmi, bahkan kegiatan reuni ini bukan hanya proses pembelajaran bagi kita semua untuk berbagi kenangan manis  masa silam saat kita belajar, tetapi juga untuk mempererat persaudaraan sesama alumnus Al-Mukhlishin. Berharap dari reuni amal ini, juga dapat berbagi informasi tentang pekerjaan untuk adik adik kita alumni Al-Mukhlishin yang belum bekerja, atau berbagi beasiswa untuk meneruskan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Lanjut Ketua Umum Yayasan, dengan reuni ini kita sama-sama disadarkan, bahwa persahabatan itu penting. Dalam Islam, Allah SWT memberikan keutamaan kepada seseorang untuk memberikan safaatnya kepada sahabat yang lain kelak agar mereka bersama-sama masuk surga setelah syafaatul ujma dibuka oleh baginda Rosulullah SAW. Sebagaimana kata Imam Hasan Al-Bashri, “Perbanyaklah berteman dengan orang-orang yang beriman. Karena mereka memiliki syafaat pada hari kiamat”. Persahabatan antar angkatan lintas alumni Al-Mukhlishin, semoga dapat terjalin persaudaraannya sampai kelak di surga untuk selama-lamanya.

Kami yakin semua alumnus telah memiliki kesibukan  di dunianya  masing-masing. Kerinduan akan situasi dan keadaan masa di bangku sekolah dan  masa tolabul ilmi di Pondok Pesantren Al Mukhlishin terasa sangat dibutuhkan untuk saling berbagi energi keberkahan dan dapat meningkatkan semangat dalam berbagai kegiatan yang kita rasakan kesibukan di tempat kerjanya masing-masing. Karena itulah Yayasan Yatim Piatu/Pondok Pesantren Al Mukhlishin  mendukung kegiatan reuni ikhlas beramal lintas Unit-unit Pendidikan Al Mukhlisin ini.

Kegiatan ini dapat mewujudkan keinginan mulia alumni untuk bersilaturrahmi dalam kebersamaan sesama alumni, dewan guru, dan pengurus Yayasan Pondok Pesantren Al-Mukhlishin, sebagai bukti cinta terhadap almamaternya.

Pada kesempatan reuni ini ingin kami sampaikan kepada Bapak-bapak, Ibu-ibu alumni unit-unit pendidikan Islam Pondok Pesantren Al Mukhlishin dan mohon do’anya untuk ayahanda kami almarhum Bapak Dr. K.H. Djaenuri Zaenal Abidin, MM dan Ibunda tercinta almarhumah Ibu Hajah Nani Sukarsih, juga almarhum Ustadz Ikhwanuddin Abidin, SH pada waktu beliau masih memimpin Yayasan Yatim Piatu/Pondok Pesantren Al Mukhlishin bila ada kesalahan atau kekhilafan Ayah bunda dan Kakak kami  yang juga mungkin telah membina para alumnus pada masa itu mohon dimaafkan  lahir dan bathin.

Kami juga berkeinginan keras untuk melanjutkan amanah Yayasan ini untuk mengabdikan diri meneruskan perjuangan orang tua kami dalam mencerdaskan kehidupan anak-anak bangsa yang berjiwa Islami, pandai mengaji, mandiri dan berakhlak terpuji. Mudah-mudahan dengan putuh atau terbukanya hati dengan taufik serta hidayah Allah SWT seluruh santri Al-Mukhlishin jadi Kyai atau Nyai yang berprestasi di  masyarakatnya masing-masing.

Kami  mohon do’anya dan dukungan Bapak- bapak, Ibu-ibu para alumnus Al Mukhlishin, baik dalam bentuk moral maupun material yang  kami butuhkan dalam melanjutkan perjuangan dan pengabdian memimpin Yayasan Yatim  Piatu Pondok Pesantren Al-Mukhlishin. Setidak-tidaknya, dari sekian banyak yang hadir para alumnus sekarang dapat  mempromosikan  Al-Mukhlishin di wilayah  domisilinya atau di tempat kerjanya  serta  setiap alumnus kiranya berkenan membawa satu orang santri yang direkomendasikan masuk ke sekolah/madrasah sesuai pilihan unit pendidikannya serta  mukim di Pondok Pesantren Al-Mukhlishin pada tahun Pelajaran Baru Tahun 2020-2021 mendatang.

Semoga Allah SWT mencurahkan rahmat serta  petunjuk-Nya kepada kita semua, sehingga Bapak-bapak, Ibu-ibu  para alumnus dari seluruh unit-unit pendidikan Islam Pondok Pesantren Al Mukhlishin senantiasa sukses dengan penuh keberkahan, diluaskan rezekinya, panjang usia dengan sehat walafiat  serta ilmunya bermanfaat bagi Nusa, Bangsa, Negara dan Agama Islam. Aamiin.

Atas nama  keluarga besar Yayasan Yatim Piatu/Pondok Pesantren Al-Mukhlishin mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih atas terselenggaranya kegiatan reuni  ini,  juga terima kasih  kehadiran  Bapak-bapak, serta Ibu-ibu Para alumnus lintas Unit-unit Pendidikan Islam Al-Mukhlishin yang Reuni Ikhlas Beramal-nya diselenggaran di SMA Islam  Pondok Pesantren Al Mukhlishin Ciseeng Bogor. Saya akhiri sambutan ini,  “Bila ada sumur di ladang. Bolehlah kita menumpang mandi. Semoga umur  kita semua  panjang. Bolehlah kita reuni,  di sini lagi.”  Ir.Iin Indraningsih Rulantova L mengakhiri sambutannya dengan pantun. (Nanang Isom)

 

 

 

 1,919 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *