Minggu, Oktober 6, 2024
GarutJawa BaratPemerintahanPendidikan

PKBM Birulwaliden Gelar Pembentukan OSIS Sekaligus Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Garut,Lensaexpose.com — Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Birulwaliden, yang menyelenggarakan pendidikan paket A (setara SD), paket B (setara SMP), dan paket C (setara SMA), menggelar pembelajaran tatap muka di sekretariat PKBM yang berlokasi di Kampung Cigasong, Desa Cilawu, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut. (22/9/24)

Kegiatan ini juga sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW serta membentuk organisasi siswa (OSIS).

Pembelajaran tatap muka ini dikhususkan untuk peserta didik paket C yang mayoritas berusia 30 tahun ke atas. Dalam kegiatan ini hadir Koordinator Wilayah Pendidikan dan PNF Kecamatan Cilawu, H. Wawan, serta tokoh masyarakat setempat. Selain itu, Yayan Suryana, S.Pd., M.Pd., yang juga hadir dalam acara, memberikan sambutan sebagai perwakilan PNF Kecamatan Cilawu.

Dalam wawancara bersama media, Yayan menyampaikan, pihaknya akan terus meningkatkan dan memperbaiki sistem yang ada di PKBM di Kecamatan Cilawu, termasuk memastikan tertibnya administrasi, menghindari adanya data ganda, serta melaksanakan pembelajaran tatap muka rutin setiap hari Sabtu dan Minggu. “Kami juga akan terus memonitoring perkembangan setiap PKBM,” katanya.

Acara dilanjutkan dengan pembentukan presiden siswa atau OSIS, yang terpilih adalah Endang Ahmad sebagai ketua, dengan Ika Kartika sebagai wakil ketua.

Cucu, selaku kepala penyelenggara PKBM Birulwaliden, menyatakan bahwa tujuan pembentukan presiden siswa adalah untuk mempererat komunikasi antar warga belajar dan menarik minat masyarakat yang tidak mampu melanjutkan pendidikan formal karena kendala biaya.

Ia berharap, dengan adanya presiden siswa, masyarakat akan lebih memahami bahwa pendidikan nonformal seperti PKBM memiliki kualitas yang setara dengan sekolah formal, termasuk ijazah paket C yang dapat digunakan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi maupun untuk melamar pekerjaan. (Hera/Susan)

Loading