Minggu, Oktober 6, 2024
DepokJawa Barat

Balai Wartawan Kota Depok Bahas Usulan Media Gathering

Depok,Lensaexpose.com – Komunitas pers yang tergabung dalam Balai Wartawan (Balwan) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengadakan rembuk bersama untuk membahas rencana penyelenggaraan acara Media Gathering.

Pertemuan tersebut berlangsung pada Jumat (20/9/2024) dan membahas pentingnya menghidupkan kembali kegiatan gathering yang pernah diadakan beberapa kali pada tahun 2016 oleh Diskominfo Kota Depok, namun tidak dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya.

Dalam rapat tersebut, berbagai komunitas dan organisasi wartawan Kota Depok turut hadir, termasuk AWK, PWOIN, IPJI, SWI, PWI, AWAN, PPWI, PWD, PORWARD, MPD, KJD, dan MT Balwan. Rapat diprakarsai oleh Balai Wartawan dan dikoordinir oleh Wahyudin, didampingi oleh Marchel Kelmanutu selaku sekretaris.

Usulan Media Gathering

Dalam diskusi yang dipandu oleh Marchel, para ketua organisasi dan komunitas wartawan diminta untuk memberikan ide dan masukan terkait acara Media Gathering tersebut.

Dashmir Ali Melayu, Ketua Umum Asosiasi Wartawan Kota (AWK), mengusulkan agar acara gathering dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap pertama khusus untuk wartawan, tahap kedua melibatkan Forkopimda yang terdiri dari Polres, Kodim, Kejari, BPN, serta organisasi perangkat daerah (OPD) bersama wartawan, dan tahap ketiga mengadakan kegiatan lanjutan untuk mempererat hubungan antar instansi.

Terkait peserta, Dashmir menambahkan bahwa setiap ketua organisasi wartawan di Kota Depok bertanggung jawab mendata anggotanya. “Soal peserta wartawan, kita serahkan kepada ketua masing-masing organisasi,” jelasnya.

Harapan Komunitas Wartawan

Arek, salah satu peserta rapat, berharap Diskominfo Kota Depok dapat mengambil peran sebagai penyelenggara acara. Ia juga menekankan pentingnya agar acara ini tidak menimbulkan diskriminasi di antara wartawan. “Kita serahkan saja ke Diskominfo. Semoga acara ini tidak memecah belah,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Benny Gerungan, Ketua PWOIN Kota Depok, mengungkapkan bahwa Media Gathering ini sudah sangat dinantikan oleh para wartawan. “Sudah lama kita tidak mengadakan acara gathering keluarga wartawan. Ini momen yang dirindukan,” katanya.

Anis Muriany menambahkan bahwa gathering ini bisa menjadi momen kebersamaan meskipun media yang terlibat berbeda-beda. “Meski medianya berbeda, kita tetap bersatu dan solid di Balai Wartawan,” tuturnya.

Persiapan Menjelang Akhir Jabatan Walikota

Acara Media Gathering ini juga dianggap sebagai ajang perpisahan menjelang berakhirnya masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Depok. “Ini sebagai bentuk apresiasi kita kepada Pak Walikota yang telah menyediakan Balai Wartawan sebagai tempat berkumpul,” ujar Anis.

Yohanes Hutapea, Ketua Komunitas Jurnalis Depok (KJD), berharap kegiatan ini akan mempererat kekompakan di kalangan wartawan. Hal serupa disampaikan oleh Muryanto Abdul Murod dari Majelis Pers Depok.

Ia menegaskan bahwa acara ini adalah kesempatan untuk berkumpul dalam suasana yang penuh kebahagiaan dan persatuan, meski kota sedang dalam proses pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Depok.

“Jangan karena beda pilihan politik, kita jadi terpecah. Wartawan harus tetap objektif dalam menyampaikan berita,” tegasnya.

Diskominfo Sebagai Pelaksana

Ricky Sakura, Sekretaris Seksber Wartawan Indonesia (SWI), mengusulkan agar Diskominfo Kota Depok menjadi pihak yang mengkoordinir acara, mengingat anggaran untuk kegiatan tersebut akan ditentukan oleh Diskominfo.

Di akhir rapat, Wahyudin selaku koordinator Balwan menyimpulkan bahwa semua usulan dari para ketua organisasi dan komunitas wartawan akan disampaikan kepada pihak Diskominfo untuk ditindaklanjuti. (AG)

Loading