Minggu, Oktober 6, 2024
DaerahPemerintahan

Sekda Kota Tanjungbalai Buka Festival Seni Qasidah Tingkat Kota Tanjungbalai Tahun 2024

Tanjungbalai,Lensaexpose.com – Wali Kota Tanjungbalai, H. Waris Tholib, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungbalai, Nurmalini, secara resmi membuka Festival Seni Qasidah Tingkat Kota Tanjungbalai Tahun 2024 di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota, Jalan Jenderal Sudirman, Jumat (21/9/2024) malam.

Dalam laporannya, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. Abu Hanifah, menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan Festival Seni Qasidah ini adalah Keputusan Wali Kota Tanjungbalai Nomor 430/313/K/2024, tertanggal 9 September 2024, tentang Pembentukan Panitia Penyelenggara Festival Seni Qasidah Tingkat Kota Tanjungbalai.

Dengan tema “Melalui Pelaksanaan Festival Seni Qasidah, Kita Ciptakan Generasi Muda yang Berkarakter untuk Mencintai Seni Musik Islami Menuju Tanjungbalai Batuah”, festival ini berlangsung dari Jumat, 20 September hingga Minggu, 22 September 2024. Acara ini diikuti oleh peserta dari enam kecamatan.

Menurut Abu Hanifah, peserta dari masing-masing kecamatan terdiri dari:

Kecamatan Datuk Bandar: 9 peserta, Kecamatan Datuk Bandar Timur: 4 peserta. Kecamatan Tanjungbalai Selatan: 5 peserta. Kecamatan Tanjungbalai Utara: 7 peserta. Kecamatan Sei Tualang Raso: 6 peserta dan Kecamatan Teluk Nibung: 8 peserta

Kategori yang dipertandingkan meliputi Bintang Vokalis Golongan Anak-anak, Remaja, Dewasa, serta Rebana Klasik untuk Golongan Remaja dan Lansia.

Abu Hanifah juga menegaskan bahwa tujuan festival ini adalah untuk memotivasi generasi muda, meningkatkan rasa kebersamaan, serta mempererat persaudaraan. “Festival ini sekaligus menjadi sarana dakwah dan hiburan edukatif bagi masyarakat Tanjungbalai,” ujarnya.

Dalam arahannya, Wali Kota melalui Sekda Nurmalini mengatakan bahwa pelaksanaan festival tahun ini istimewa karena digelar di dalam ruangan Pendopo Rumah Dinas Wali Kota. “Kami berharap, meskipun dilaksanakan di dalam ruangan, hal ini tidak mengurangi semangat dan kreativitas para peserta,” ucap Nurmalini.

Sekda juga mengungkapkan harapan agar festival ini berjalan lancar dan mampu menghasilkan pemenang yang akan mewakili Tanjungbalai di tingkat provinsi.

“Tahun 2023, Kota Tanjungbalai berhasil meraih juara umum pada Festival Seni Qasidah Tingkat Provinsi. Mari kita berdoa dan berusaha agar tahun ini Tanjungbalai kembali meraih juara umum di tingkat Provinsi Sumatera Utara,” tutupnya.

Acara ini turut dihadiri Forkopimda dan perwakilannya, Ketua TP PKK Kota Tanjungbalai, para asisten, staf ahli, pejabat OPD, tokoh masyarakat, lurah, kepala lingkungan, serta para official dan undangan lainnya. (Mariyani)

Loading