Kamis, September 19, 2024
Jawa BaratPemerintahanPurwakarta

Desa Salam Mulya Alokasikan Dana Desa Tahun 2024 Dengan Membangun JUT

Purwakarta,Lensaexpose.com – Pengalokasian dana desa yang digelontorkan Pemerintah Desa, Sebagai bentuk upaya guna memperkuat ketahanan pangan nabati, Pemerintah Desa Salam Mulya, Kecamatan Pondok Salam, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Manfaatkan dana desa untuk membangun jalan usaha tani (JUT), yaitu pelaksanaan cor beton yang berlokasi di kampung Babakan Caringin RT/RW 08/05 dengan panjang 230 meter lebar 3 meter dan tinggi 15 Cm.

Pelaksanaan kegiatan, yang dikerjakan secara swadaya oleh warga Desa Salam Mulya bersumber dari dana desa tahap 1 dan 2 tahun 2024, dengan total pagu anggaran sebesar Rp 162.656.000 (Seratus Enam Puluh Dua Juta Enam Ratus Lima Puluh Enam Rupiah).

Kepala Desa Salam Mulya, Amad, menjelaskan bahwa pembangunan jalan usaha tani ini merupakan program prioritas desa untuk mempermudah akses petani ke lahan mereka sehingga dapat mempercepat distribusi hasil pertanian.

“JUT ini merupakan program prioritas desa melalui musyawarah, tujuannya untuk mempermudah akses pertanian, serta dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan para petani,” kata Amad, Sabtu (14/9/2024).

Dengan adanya jalan ini, tambah Amad, para petani bisa dengan mudah mengangkut hasil panen mereka sehingga lebih cepat dan efisien.

“Dengan dibangunnya JUT ini para petani kita dapat dengan mudah mengangkut hasil panen mereka serta dapat mengurangi biaya bagi usaha petani didesa,sehingga pendapatan petani lebih dapat meningkat,” ungkapnya Amad.

Sementara itu, Aca Sonjaya selaku TPK Desa Salam Mulya, menambahkan, dengan adanya JUT ini, selain mempermudah akses tani, pemberdayaan warga juga dirasakan.

“Alhamdulillah, selain mempermudah akses bagi para petani, pemberdayaan bagi warga Desa Salam Mulya juga dirasakan dengan ikut langsung dalam kegiatan pembangunan JUT,” ujar Aca Sonjaya. (Ded/Crd)

Loading