Senin, September 16, 2024
BogorJawa BaratPemerintahanSosial & Budaya

Soroti Bangunan Rumah Sejarah dan Infrastruktur Jalan di Malasari, Asmawa Tosepu: Saya Ingin Pendopo Ini Jadi Destinasi Wisata Sejarah

NANGGUNG,Lensaexpose.com – Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu menyoroti perlunya rehabilitasi Rumah Sejarah, Pendopo Bupati Pertama dan perlunya pembenahan terkait infrastruktur jalan menuju Desa Wisata Malasari, Kecamatan Nanggung yang tak jarang mendapat sorotan dari banyak pihak.

Menurut Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengatakan bahwa bangunan rumah sejarah tersebut sangat penting dan dirinya memastikan renovasi pendopo tersebut sudah masuk dalam perencanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan maupun alokasi tahun 2025.

“Renovasi akan dilakukan secara totalitas, tetapi keaslian bangunan harus tetap dipertahankan. Ada beberapa hal yang perlu direhabilitasi dan itu sudah menjadi kewajiban pemerintah,” ungkap Asmawa Tosepu kepada wartawan disela kegiatan Pengambilan Bendera Pusaka di Rumah Sejarah, Desa Malasari, Kecamatan Nanggung pada, Kamis 15 Agustus 2024.

Pada acara ini, hampir seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hadir untuk melihat langsung kondisi pendopo Malasari dan juga merasakan kondisi infrastruktur jalan menuju Desa Wisata Malasari tersebut.

Asmawa berharap kehadiran para OPD dapat memberikan kontribusi pemikiran dalam menjaga kelestarian warisan sejarah yang ada di Kabupaten Bogor.

“Dengan hadirnya para OPD, kita bisa bersama-sama memikirkan langkah-langkah konkret untuk melestarikan sejarah ini,” tambahnya.

Selain itu, Asmawa juga membahas infrastruktur akses jalan menuju pendopo Malasari yang masih dalam kondisi kurang baik.

Meski beberapa titik sudah mengalami perbaikan, ia berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan infrastruktur di daerah-daerah yang selama ini kurang tersentuh.

“Kita ingin ke depannya pendopo di Malasari ini menjadi destinasi wisata sejarah yang layak, dan tentu kita akan mempersiapkan infrastrukturnya, terutama akses jalan,” katanya. (Rdy)

Loading