Rabu, Juli 24, 2024
BogorJawa BaratPemerintahan

Realisasikan Dana Desa, Pemdes Cikahuripan Hotmix Jalan Lingkungan

BOGOR,Lensaexpose.com – Penyerapan anggaran Dana Desa 2024 Pemerintah Desa Cikahuripan, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten  Bogor Bogor, Jawa Barat melakukan pembenahan infrastuktur, berupa perbaikan jalan dengan melakukan pengaspalan dan perbaikan. Hal ini dilakukan untuk lebih bisa menunjang transportasi warga.

Sekretaris Desa (Sekdes) Cikahuripan, Encin mengatakan bahwa, Pembenahan infrastruktur jalan kali ini menggunakan Dana Desa (DD) Th 2024.

Menurutnya, pengaspalan jalan ini cukup penting, untuk menunjang transportasi warga dan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga.

“Mudah mudahan dari program dana desa ini manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat. Karena merupakan kebutuhan orang banyak,” kata Encin.

Encin menyampaikan, untuk pengaspalan jalan kali di Kp Cibeber RT 016 RW 06 sepanjang 358 meter. Anggaran yang diserap sebesar Rp. 118.805.000,- (seratus delapan belas juta delapan ratus lima ribu rupiah).

“Pengaspalan Jalan lingkungan di Desa Cikahuripan sudah selesai dikerjakan. Saya berharap masyarakat juga bisa ikut merawat jalan tersebut, dan juga semoga jalan-jalan lingkungan lain yang masih rusak yang ada di Desa Cikahuripan bisa segera dilakukan perbaikan”, ungkapnya.

Sementara Kepala Desa Cikahuripan Andi Upi, membenarkan hal tersebut saat awak media ini menyambanginya di kantor Desa Cikahuripan. Pada, Senin (8/07/2024).

“Jalan tersebut dibangun untuk memperlancar mobilitas warga dan meningkatkan roda perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Andi Upi, menambahkan pihak Pemdes Cikahuripan sesuai petunjuk melaksanakan pekerjaan secara Swakelola melibatkan warga sekitar, RT, RW, Kadus setempat juga TPK (Tim Pelaksana Kegiatan)  dan Perangkat Desa.

“Program Dana Desa ini adalah tugas kita semua untuk mengawal pembangunan infrastruktur, melihat bagaimana tata pelaksanaannya, pengerjaannya, spesifikasi dan yang lainnya,” katanya.

Ia juga turut mengajak kepada warga masyarakat sekitar untuk partisipasi dalam swadaya membantu pada saat ada pelaksanaan pembangunan. “Karena diharapkan dengan Dana Desa ini juga timbul ke gotong royongan para warga di wilayah,” ujarnya.

Ia berharap dengan terbangunnya kegiatan program Dana Desa tersebut bisa memperlancar transportasi warga saat berkendara, nyaman, aman dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan Andi Upi, pembangunan hotmix jalan desa walaupun cuaca kemarau tidak jadi hambatan, diharapkan dapat meningkatkan dan mengoptimalkan mobilisasi warga, ucapnya.

“Saya mengucapkan terima kasih atas program bantuan yang diberikan Pemkab Bogor. Program bantuan dana infrastruktur  yang digulirkan Bupati Bogor ini kami manfaatkan untuk membangun Hotmix jalan desa,” terangnya.

“Semua proses pekerjaan pembangunan ini didanai dari program anggaran Dana Desa dan dikerjakan secara swakelola masyarakat Desa Cikahuripan,” imbuhnya. (Teddy)

Loading