Kamis, Juli 25, 2024
GarutJawa BaratPemerintahan

Acara Puncak Milangkala Desa Jayaraga Ke-46 Berlangsung Dengan Meriah

GARUT,Lensaexpose.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, merayakan Milangkala ke-46 dengan serangkaian acara yang berlangsung sejak 8 Juni 2024 dan mencapai puncaknya hari ini, Minggu, 30 Juni 2024, di depan kantor Desa Jayaraga.

Kepala Desa Jayaraga, Syam Sakti, menjelaskan detail kegiatan yang dilaksanakan dalam perayaan ini.

“Kegiatan hari ini ada dua agenda utama. Agenda pertama adalah jalan sehat yang diikuti oleh warga desa sekaligus pemberian piala kepada para pemenang perlombaan yang telah diadakan sebelumnya,” ujar Syam Sakti.

“Agenda kedua adalah bakti sosial berupa bazar sembako untuk keluarga kurang mampu. Kami menyediakan beras, minyak goreng, dan mi instan yang nilainya Rp100.000, namun dijual hanya seharga Rp50.000, dengan subsidi Rp50.000. Sasarannya ditentukan oleh para ketua RW,” tambahnya.

Lebih lanjut, Syam mengatakan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun.

“Alhamdulillah, setiap tahun kita bisa melaksanakan kegiatan ini dengan lancar. Masyarakat sangat antusias mengikuti berbagai macam kegiatan. Dari sekian ribu jiwa, sekitar 14.000 jiwa, masyarakat Jayaraga dapat hidup dengan nyaman dan aman. Kejadian-kejadian kecil yang terjadi tidak terlalu signifikan,” katanya.

Syam Sakti juga menyampaikan harapannya untuk masa depan Desa Jayaraga.

“Dalam empat tahun ke depan, kami berharap Allah senantiasa memberikan berkah dan keselamatan kepada masyarakat kami. Kami juga berharap masyarakat bisa lebih meningkatkan adat istiadat seperti gotong royong, mempertahankan seni budaya, dan mempererat silaturahmi kekeluargaan,” harapnya.

Lebih lanjut dikatakan Syam, dalam acara seremonial yang dilaksanakan kemarin,turut hadir beberapa tokoh penting. Diantaranya, Asda 1 Bangbang yang mewakili Pj. Bupati Garut, Barnas Adjidin yang kebetulan tidak hadir karena ada agenda kerja ke Jawa Tengah.

Pihaknya juga turut mengundang Pembina Apdesi Jawa Barat, H. Dedi Mulyadi yang juga seorang Budayawan. Beliau memberikan arahan agar dalam membangun Desa,tidak meninggal kan budaya Sunda.

Selain itu hadir pula Dede Kusdinar, Anggota DPRD Propinsi Jawa Barat terpilih dari Gerindra yang juga merupakan Ketua DPD Apdesi Jawa Barat, serta perwakilan dari Kepala Desa di Kabupaten Garut.

“Acara peringatan Milangkala Desa Jayaraga ke 46 ini di harapkan dapat terus memperkuat persatuan dan kebersamaan warga Desa Jayaraga serta menjaga nilai -nilai budaya lokal pungkasnya. (Susan)

Loading