Selasa, Mei 21, 2024
CimahiDaerahJawa BaratPemerintahanPolitik

Pelantikan dan Orientasi Tugas PPK Pilkada Kota Cimahi, Wajah Baru dan Wajah Lama Berimbang

CIMAHI,Lensaexpose.com – Pelantikan dan Orientasi Tugas Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Barat, serta Walikota dan wakil Walikota Cimahi tahun 2024, hari ini diselenggarakan di Hotel Ahadiat, Kamis, (16/05/2024).

Menurut Ketua Divisi (Kadiv) Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SP3M-SDM) KPU Kota Cimahi, La Media menjelaskan bahwa hari ini dilaksanakan kegiatan untuk PPK sebanyak 15 orang, dimana masing-masing Kecamatan ada 5 orang sesuai ketentuan.

“komposisi nya juga harus sesuai aturan antara perempuan minimal 30 persen, walaupun ini ada 30 lebih, artinya sesuai keputusan KPU 476 tahun 2022 yang menjadi acuan,” jelasnya.

Dari segi komposisi juga ada wajah baru dan ada wajah lama, semua sudah melalui tahapan dari penelitian administrasi, sehingga ditetapkan pelantikan.

Sebelumnya sudah diadakan Computer Assisted Test (CAT), adalah suatu sistem yang dipakai untuk membantu proses seleksi dengan alat bantu komputer, yang di laksanakan di SMK negeri 1.

“Dan hasilnya sesuai ketentuan dan di umumkan langsung saat itu juga, semua bentuk transparansi penyelenggara kepada publik,” terangnya.

La Media juga menjelaskan bahwa pelantikan 5 orang tiap kecamatan sudah dinyatakan lulus dan masuk 5 besar, semua melalui proses wawancara yang cukup mendalam, karena memang harus memastikan kemampuan dan hal-hal lain yang dibutuhkan dalam tugas kepemiluan ditingkat kecamatan nanti.

“Tentu ada tugas, kewenangan dan kewajiban sesuai dengan PKPU nomer 8 tahun 2022, tentang tata kerja serta pembentukan,” ucapnya.

Setelah pasca pelantikan dan orientasi, tugas yang harus dilakukan oleh PPK adalah, akan melanjutkan tahapan sesuai arahan dari atas, karena KPU sendiri semua aturannya dibuat oleh pusat, dilanjutkan ke provinsi baru diarahkan kepada KPU.

“Jelas KPU tidak bisa keluar dari rel tersebut, karena acuan penyelenggara tahapan Pilkada kepada PKPU nomer 2 tahun 2024 tentang pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Walikota dan wakil Walikota 2024,” ungkapnya.

Orientasi hari ini juga memberikan tugas apa yang nanti harus dilakukan dan dikerjakan sesuai tahapan dimana materi kode etik menjadi rel mereka untuk menjalankan tugas.

“Intinya semua dijalankan sesuai tahapan yang sudah ditentukan, jadi kita tidak bisa mendahului ataupun mengurangi semua kebijakan yang sudah ditentukan,” ujarnya.

Dimana kegiatan terdekat adalah persiapan launching Pilkada yang akan di laksanakan pada tanggal 2 Juni, dan semua itu menjadi tugas yang harus dipersiapkan oleh anggota PPK.

Tidak hanya itu pembentukan Panitia Pemungut Suara(PPS) tingkat kelurahan, saat ini sudah memasuki tes tertulis pada tanggal 16-17 Mei, karena memang sudah di umumkan juga semua yang terdaftar.Dan hasilnya juga akan di umumkan pada saat itu juga ketika selesai tes tertulis.

“Dan pelantikan untuk PPS sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 26 sesuai jadwal yang sudah ditentukan,” tegasnya.

Terkait hitungan wajah baru dan lama, La Media tidak bisa mengidentifikasi secara rincian, karena semua sesuai dengan kemampuan dan kapasitas dari hasil CAT wawancara, intinya memang ada perubahan, bisa dikatakan Fifty-Fifty atau berimbang.

“Ada keuntungan juga buat kita dengan adanya wajah lama ini, paling tidak ada yang sudah berpengalaman untuk bisa sharing dengan anggota baru dalam pelaksanaan tugas,” tandasnya. (Tina)

Loading